Bale Agung Wates Kulon Progo

0 83

Bale Agung Wates Kulon Progo

Bale Agung terletak di Jalan Perwakilan No.1, Wates Kulon Progo, dan masih berada dalam satu wilayah Kompleks Perkantoran Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Melihat corak lingkungannya maka bangunan tersebut merupakan salah satu Land Mark (tengeran) di dalam kawasan Kompleks Perkantoran Kabupaten. Bale Agung merupakan salah satu gedung yang berarsitektur indis di kawasan Kulon Progo. Ciri utama arsitektur indis yaitu perpaduan teknik bangunan lokal dengan kolonial, sebagai salah satu cara dalam berdaptasi dengan iklim tropis.

Sesuai dengan prasasti yang tertempel di depannya, bahwa Bale Agung berdiri tahun 1918. Prasasti yang tertempel di dinding depan terdiri dari dua lempengan batu. Prasasti di sisi kiri merupakan candra sengkala yang berbunyi Bale Agung ing “Ngesti Prayogi Samadyaning Siniwi”.

Candra Sengkala ini tertulis dalam aksara Jawa. Candra Sengkala ini berarti tahun pendiriannya yaitu 1918. Ngesti berarti 8, Prayogi itu satu, Samadyaning berarti 9 dan Siniwi (didudukkan) juga berarti satu. Jadi, ‘ngesti-prayogi-samadyaning-siniwi’ bernilai 8-1-9-1, atau 1918 Masehi. Sedangkan prasasti di sisi kanan bertuliskan Bale Agoeng 1918. Kedua prasasti ini menunjukkan jika Bale Agung didirikan pada masa kolonial Belanda.

Bangunan ini memiliki peran sejarah dalam proses penyatuan wilayah Adikarto dan Kulon Progo. Pada saat proses penyatuan wilayah Adikarto dengan Kulon Progo, gedung Bale Agung dijadikan sebagai lokasi penandatanganan kesepakatan penyatuan kedua wilayah tersebut.

Seiring dengan perkembangan jaman, Bale Agung telah mengalami alih fungsi. Jika semula tempat berfungsi sebagai ruang rapat, maka saat ini, Bale Agung menjadi tempat penyimpanan benda Cagar Budaya peninggalan Mataram Hindu, yang berasal dari wilayah Kulon Progo. Benda – benda tersebut antara lain patung ganesha, lesung batu, batu lumpang, yoni, batu bata kuno, mata uang kuno dan kentongan Gorobongso. Kentongan Gorobongso tersebut berasal dari kabupaten Kulon Progo ketika beribukota di Pengasih di bawah kepemimpinan Bupati Raden Tumenggung. Poerbo Winoto tahun 1912.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/bale-agung/
Comments
Loading...