Balanai Abeh Kalimantan Tengah

0 107

Lokasi Balanai Abeh

Balanai Abeh ditempatkan dalam sebuah rumah terletak ditepi jalan raya di Desa Dayu, wilayah Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah.

Balanai Abeh

Abeh, sebuah patung perunggu berbentuk manusia lelaki tua yang disimpan dalam Balanai (guci). Benda ini dipelihara dan dianggap membantu dalam kesusahan. Sehabis panen, bulan Agustus penduduk member sesajian berupa ayam berbulu merah, upacara ini dinamakan “ Wadian Tapa Unru”.

Kampung Rintis (Desa Dayu) pada suatu ketika diserang perampok, perampok kewalahan dan mundur diburu penduduk sampai keluar desa hanya tertinggal seorang kakek tua yang bekerja memintal serat kayu Wua Rambang untuk dijadikan tali.

Saat inilah dating Nanyu Panulun berupa angin rebut, petir dan halilintar membakar seluruh desa. Yang tertinggal diantara puing-puing ditemukan sebuah patung perunggu lalu benda ini disimpan di Balanai sejak saat itulah dinamakan Balanai Abeh.

Source https://www.blogger.com/about/?r=1-null_user http://sejarahkalimantantengah.blogspot.co.id/search?updated-max=2012-06-26T14:39:00-07:00&max-results=7
Comments
Loading...