Balai Besar Penelitian Veteriner

0 4

Balai Besar Penelitian Veteriner

Balai Besar Penelitian Veteriner, atau di tahun 1980-an, di saat saya masih di bangku sekolah dasar kerap disebut dengan LPPH (Lembaga Penelitian Penyakit Hewan) merupakan salah satu bangunan cagar budaya di Kota Bogor.

Lokasinya berada di jalan RE Martadinata setelah jembatan besi. Berkebalikan dari ujung lainnya yang berada di dekat Taman Air Mancur, suasana di sini terasa lebih sepi dan damai, meski terkadang ujung kemacetan panjang pun masih tersisa.

Veteriner, sebelum Anda menduga bahwa tempat ini melakukan penelitian terhadap para veteran, lebih baik dijelaskan sedikit. Kata ini mengacu pada segala sesuatu yang berkaitan dengan hewan ternak.

Sejarahnya bermula menyusul pengembangan Lands Platentuin atau yang sekarang dikenal sebagai Kebun Raya Bogor sebagai pusat penelitian, pengelolanya mengembangkan berbagai pusat penelitian lainnya di beberapa tempat. Selain di sekitar kebun botani pertama di Asia Tenggara itu, mereka membangun kawasan Tjimanggoe (Cimanggu sekarang) sebagai area penelitian berbagai hal terkait pengembangan produk pertanian.

Kawasan ini hingga saat ini masih menjalankan fungsinya sejak awal, sebagai kawasan penelitian. Banyak balai besar atau kantor penelitian pertanian berada di sepanjang area pertemuan Jalan Tentara Pelajar dan Jalan Merdeka ini.

Balai Besar Penelitian Veteriner dibangun pada tahun 1908 dengan nama Veeartsenijkundig Laboratorium atau V.I . Dalam bahasa Indonesia nama ini berarti Laboratorium Hewan.

Jangan bayangkan bahwa komplek dimana cagar budaya ini berada akan bau kambing atau sapi. Tempat ini lebih merupakan lab atau kantor dibandingkan pasar hewan seperti pejagalan. Justru suasananya sangat tenteram dan teduh karena banyak dinaungi oleh pepohonan besar.

Source http://www.lovelybogor.com http://www.lovelybogor.com/balai-besar-penelitian-veteriner-cagar-budaya-12/
Comments
Loading...