situsbudaya.id

Bak Penampungan Air milik Jepang Kalimantan Selatan

0 28

Lokasi Bak Penampungan Air milik Jepang

Bak Penampungan Air milik Jepang masuk dalam wilayah administrasi Desa Bajuin, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Bak Penampungan Air milik Jepang

Secara astronomis berada pada posisi 50 N 0257256 9582270 UTM dengan ketinggian sekitar 29 meter dari permukaan laut. Batas geografis bak penampungan adalah kebun sayur di sebelah utara dan timur, di sebelah selatan adalah jalan setapak dan hutan (reruntuhan pabrik baja), serta di sebelah barat berbatasan dengan kantor dan kolam PDAM Kecamatan Bajuin.

Akses menuju Bak Penampungan Air tergolong mudah karena dapat ditempuh dengan roda dua dan roda empat dengan melewati jalan pengerasan lalu jalan setapak. Sedangkan untuk bisa sampai pada situs tersebut, berjalan kaki melewati kebun warga dan melewati parit dengan kondisi jalan yang landai.

Kondisi pada bak penampungan air terlihat sangat tidak terawat, sekeliling tembok bak tersebut dipenuhi semak belukar yang tingginya hampir mencapai 80 cm. Bak penampungan air juga pernah dimanfaatkan oleh PDAM yang berada tepat di sisi kanan dari bak tersebut, namun saat ini sudah tidak difungsikan lagi. Sejarah keberadaan bak tersebut masih kurang jelas sehingga masih dibutuhkan penelurusan lebih lanjut terkait bak penampungan air milik Jepang.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/bak-penampungan-air-milik-jepang-berada-di-desa-bajuin-kecamatan-bajuin-kabupaten-tanah-laut/
Comments
Loading...