Bagas Godang Singengu Sumatera Utara

0 27

Bagas Godang Singengu

Bagas Godang Singengu berada di Desa Singengu Kecamatan Kota Nopan, Kabupaten Mandailing Natal. Bangunan ini berada pada titik koordinat UTM 47 N 0578412 0074537. Batas batas bangunan ini adalah:
– Sebelah utara berbatasan dengan rumah penduduk
– Sebelah selatan berbatasan dengan rumah penduduk
– Sebelah timur berbatasan dengan rumah penduduk
– Sebelah barat berbatasan dengan rumah penduduk

Untuk mencapai tempat ini dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan umum dari Panyabungan dengan jarak tempuh sekitar 1 jam perjalanan. Bangunan ini mempunyai denah persegi panjang dengan tiang berjumlah 45 buah. Bangunan ini 95 % berbahan baku kayu lokal. Rumah ini berdenah persegi empat dengan ukuran 19,80 x 14, 60 m. Tinggi dari tanah ke lantai adalah 1,70 m, dan tinggi keseluruhan adalah 8, 50 meter. Pada bagian depan rumah terdapat teras dengan lebar 3,45 meter dan panjang 16,80 meter. Lebar tangga adalah 1,80 m, lebar pintu masuk 1,46 meter.

Jumlah ruangan dalam rumah ini adalah 8 buah. Ruangan paling luas adalah ruang tengah yang berfungsi sebagai ruang keluarga dan ruang pertemuan. Ruangan lainnya adalah ruangan untuk kamar, dan dapur. Terdapat tangga menuju ke lantai atas, namun telah rusak sehingga tidak dapat dinaiki lagi. Kayu kayu yang dipakai merupakan kayu yang berkualitas tinggi sehingga selama ratusan tahun masih bertahan. Ada beberapa bagian yang telah rusak dan mengalami pergantian. Pada bagian atap berbentuk limasan bertingkat khas rumah adat mandailing dengan runcingan di sisi kiri dan kanannya.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbaceh/bagas-godang-singengu-di-mandailing-natal/
Comments
Loading...