Astana Gede Kawali Ciamis

0 210

Lokasi Astana Gede Kawali

Astana Gede Kawali terletak di Desa Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Astana Gede Kawali

Situs Kawali yang disebut juga Astana Gede dikenal sebagai komplek peninggalan sejarah dan budaya masa lampau, yaitu pada masa kerajaan Galuh sekitar abad ke- 1 4 Masehi. Astana Gede Kawali merupakan tempat suci pada masa pemerintahan kerajaan Sunda-Galuh di Kawali. Pada Zaman dahulu Astana Gede bernama : Kabuyutan Sanghyang Lingga Hiyang, Astana Gede ( Astana = makarn dan Gede = Besar ), setelah Jiatas Punden berundak tempat pemujaan raja-raja Kawali terdahulu yang masih menganut agama Hindu, kemudian digunakan makam orang besar yaitu Adipati Singacala sebagai Raja Kawali tahun 1643 – 1 71 8 M keturunan Sultan Cirebon yang sudah menganut agama Islam.

Di Astana Gede terdapat peningalan Hindu dan ada makam orang-orang Islam. Sebagai pusat pemerintahan raja-raja yang pernah bertahta di ternpat ini adalah Prabu Ajiguna Linggawisesa, yang dikenal dengan sebutan Sang Lumahing kiding, Prabu Ragamulya atau Aki Kolot, Prabu Linggabuwana yang gugur pada peristiwa bubat, Rahyang. Niskala Wastukancana yang meninggalkan beberapa prasasti di Astana Gede ( Situs Kawali ) dan Dewa Niskala anak dari Rahyang Wastukancana.

Lokasi peninggalan sejarah dan purbakala ini tepatnya berada sebelah utara atau 27 km dari lbukota Kabupaten Ciamis, yaitu di Dusun Indrayasa Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis. Apabila ditempuh dengan kendaraan, balk motor ataupun mobil lamanya sekitar empat puluh lima menit. Keadaan jalan cukup baik karena sudah mengalami pengaspalan, sehingga tidak sulit dijangkau. Luas area. Lokasi peninggalan purbakala ini adalah 5 Ha, disekelilingnya rimbun dengan pepohonan. Keadaan alamnya cukup nyaman dan sejuk sehingga memberi kesan menyenangkan kepada setiap pengunjung.

Source Astana Gede Kawali Ciamis Jawa Barat
Comments
Loading...