Asrama Pastoran Santo Yohanes Chrisostomus Bengkayang

0 71

Asrama Pastoran Santo Yohanes Chrisostomus Bengkayang

Asrama yang berada dikompleks Pastoran Santo Pius X Bengkayang ini biasa disebut sebagai Asrama Putera Pastoran, yang juga sekaligus membedakannya dengan asrama-asrama lain yang ada di wilayah Kota Bengkayang, seperti Asrama Puteri Susteran, Asrama Bukit Sion, Asrama Kana, Asrama Manunggal, dan lain sebagainya. Asrama ini diperuntukkan bagi siswa putera yang akan belajar di Kota Bengkayang, setingkat SMA/SMK. Dan lebih dikhususkan lagi bagi mereka yang berasal dari wilayah pedalaman Kabupaten Bengkayang.

Asrama ini didirikan oleh Pastor-Pastor Misionaris Kapusin Provinsi Belanda [Netherlands] yang berkarya di Paroki St. Pius X Bengkayang beberapa puluh tahun yang lalu (1934 – 1990). Ciri khasnya adalah Pendidikan dan Pembinaan yang berjiwa atau berspiritualitaskan Iman Katolik [Kesaksian]. Pertama-tama memang hanya diperuntukkan khusus bagi para pelajar yang berada di wilayah Paroki St. Pius X Bengkayang. Namun, dalam perkembangannya kemudian, menerima pula para pelajar dari luar Paroki St. Pius X Bengkayang seperti sekarang terjadi ada beberapa pelajar yang berasal dari wilayah Paroki St. Agustinus dan Mattias Darit, Paroki Kristus Raja Sambas, Paroki St. Petrus dan Paulus Menjalin, Paroki St. Yosef Samalantan serta Paroki St. Petrus Sanggau Ledo.

Asrama ditangani langsung oleh beberapa Pembina, dengan diketuai oleh salah seorang Pastor yang ditunjuk oleh atau penerima mandat dari Pastor Kepala Paroki. Dan dalam penanganannya, para pembina inilah yang bertanggung-jawab mengelola asrama Pastoran dengan sebaik-baiknya, dengan tetap menjalin kerjasama yang baik dengan orang-tua para penghuni, pihak sekolah serta lingkungan di sekitar asrama, dan terlebih Pastor-Pastor yang bertugas di Paroki Santo Pius X Bengkayang.

Kemudian untuk menjaga serta mengatur tertib hidup para penghuninya, dibuatlah peraturan dan tata-tertib yang berlaku untuk semua penghuni asrama, dengan tetap menghargai kebebasan dan niat baik para penghuninya dalam berbuat dan berperilaku baik. Peraturan ini berlaku untuk semua. Poin penting yang menjadi prioritas utama bagi penghuni Asrama Pastoran adalah agar mereka dapat belajar dengan baik, bertanggung-jawab, berakhlak serta beriman yang teguh selama mereka menyelesaikan studi-nya dengan tinggal di asrama.

Source sungaibengkayang.blogspot.co http://sungaibengkayang.blogspot.com/2011/11/asrama-pastoran-santo-yohanes.html
Comments
Loading...