Asrama Diniyah Puteri Padang Panjang Sumatera Barat

0 105

Asrama Diniyah Puteri Padang Panjang

Bangunan Asrama Diniyyah Puteri Padang Panjang didirikan oleh Rahmah El Yunusiyah yang bertujuan untuk mengangkat harkat dan martabat perempuan melalui dunia pendidikan dan pengajaran. Diniyyah Puteri Padang Panjang didirikan pada tanggal 1 November 1923. Selain asrama, didirikan juga berbagai madrasah (sekolah) lainnya khusus untuk perempuan yang berada dalam satu kompleks.

Berdasarkan keterangan Fauzi, kepala humas Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang, awalnya bangunan ini saat didirikan pada tahun 1923, berbahan sasak untuk dindingnya. Namun pada tahun 1993, sasak tersebut ditempeli dengan semen guna perkuatan bangunan. Namun secara umum perubahan tersebut tidak merubah bentuk dan ukuran bangunan lama.

Pada sisi utara bangunan (bagian depan) terdapat sebuah tugu peringatan berdirinya Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang yakni: Peringatan 25 tahun yang diperingati tahun 1948 dan Peringatan 50 tahun yang diperingati pada tahun 1973. Kedua inskripsi tersebut berada dalam 1 tugu, peringatan 25 tahun pada bagian atas dan 50 tahun pada bagian bawah.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/asrama-diniyah-puteri-padang-panjang/
Comments
Loading...