Asrama dan Tugu Peringatan Diniyyah Puteri Padang Panjang

0 101

Asrama dan Tugu Peringatan Diniyyah Puteri Padang Panjang

Bangunan Asrama Diniyyah Puteri Padang Panjang didirikan oleh Rahmah El Yunusiyah yang bertujuan untuk mengangkat harkat dan martabat perempuan melalui dunia pendidikan dan pengajaran. Diniyyah Puteri Padang Panjang didirikan pada tanggal 1 November 1923. Selain asrama, didirikan juga berbagai madrasah (sekolah) lainnya khusus untuk perempuan yang berada dalam satu kompleks. Berdasarkan keterangan Fauzi, kepala humas Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang, awalnya bangunan ini saat didirikan pada tahun 1923, berbahan sasak untuk dindingnya. Namun pada tahun 1993, sasak tersebut ditempeli dengan semen guna perkuatan bangunan. Namun secara umum perubahan tersebut tidak merubah bentuk dan ukuran bangunan lama. Pada sisi utara bangunan (bagian depan) terdapat sebuah tugu peringatan berdirinya Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang yakni: Peringatan 25 tahun yang diperingati tahun 1948 dan Peringatan 50 tahun yang diperingati pada tahun 1973. Kedua inskripsi tersebut berada dalam 1 tugu, peringatan 25 tahun pada bagian atas dan 50 tahun pada bagian bawah.

Bangunan Asrama Perguruan Diniyayh Puteri Padang Panjang Bangunan berada di utara tugu peringatan 25 dan 50 tahun berdirinya Perguruan Diniyah Puteri Padang Panjang. Bangunan ini memiliki denah dasar persegi panjangberukuran panjang 44,25 m x 12,5 m. Bangunan ini terdiri dari dua lantai dengan jumlah kamar/sekat 8 ruangan. Tugu Peringatan 25 dan 50 Tahun Diniyyah Puteri Padang Panjang Tugu ini terdapat di sisi selatan Asrama Diniyyah Puteri. Dasar/pondasi tugu berdenah bujur sangkar berukuran 2 m x 2m. Pondasi ini berundak seperti tangga sebanyak 4 undakan pada masingmasing sisinya. Sedangkan badan tugu peringatan berbentuk segi lima dengan diameter 1,2 m dan tinggi 3 m.

Pada bagian kemuncak berbentuk kubah (setengah lingkaran) dan pada bagian atasnya terdapat symbol tangan dengan jari telunjuk yang mengarah ke atas. Pada badan bagian atas tugu (sisi selatan) terdapat 2 buah inskripsi yakni: (atas) 25 Tahun Perguruan Dinijjah Puteri 1 November 1923- 1948, dan (bawah) 1 Nopember 1923-1973 Genap 50 Tahun Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang Melaksanakan Pendidikan dan Pengajaran Berdasar Atas Ajaran Islam Dengan Tujuan Membentuk Puteri yang Berjiwa Islam dan Ibu Pendidik yang Cakap dan Aktif Serta Bertanggungjawab tentang Kesejahteraan Masyarakat dan Tanah Air dalam Pengabdian Kepada Allah S.W.T.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Padang-Panjang.pdf
Comments
Loading...