situsbudaya.id

Arca Visnu Trivikrama Yogyakarta

0 14

Arca Visnu Trivikrama

Arca Visnu Trivikrama yang ditemukan di Situs Sumur Bandung, Dusun Groyokan, Sambirejo, Prambanan, juga merupakan arca langka. Arca berukuran tinggi 88 cm, lebar 92 cm, dan tebal 127 cm ini menggambarkan figur seorang laki-laki yang berdiri dengan mengangkat salah satu kaki. Di bawah kaki yang terangkat digambarkan seorang wanita duduk jongkok, dengan kedua tangan dalam posisi menyembah.

Adegan tersebut diidentifikasi sebagai bagian cerita Vamanaavatara, yaitu cerita tentang penjelmaan Dewa Wisnu sebagai brahmana kerdil (Vamana) yang menyelamatkan dunia dari kekejaman raksasa yang bernama Bali. Ketika brahmana kerdil yang kedatangannya dimuliakan oleh Bali ini meminta tempat sebesar tiga langkah dari seluruh dunia yang dikuasai Bali, ia berubah bentuk sebagai Dewa Wisnu. Dalam 3 langkah (Trivikrama), Wisnu dapat menguasai dunia dan alam semesta, sedangkan Bali yang sudah kalah diberi tempat di neraka bersama para pengikutnya.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/arca-visnu-trivikrama/
Comments
Loading...