situsbudaya.id

Arca Siva Mahadewa Yogyakarta

0 13

Arca Siva Mahadewa

Arca Siva Mahadewa dengan tinggi : 21,3 cm telah ditemukan di Kricak Kidul, Tegalrejo, Yogyakarta. Dalam agama Hindu, Siwa adalah salah satu dewa Trimurti yang berperan sebagai perusak. Arca Siva Mahadewa digambarkan bermata tiga, mengenakan tali kasta (upavita) berupa ular, berpakaian kulit harimau, memakai mahkota (Jatamakuta) yang dihias dengan bulan sabit dan tengkorak (ardhacandrakapala), berdiri di atas Padmasana dengan sikap tegah lurus (Samabhanga), dengan Nandi sebagai kendaraan (wahana).

Arca Siva Mahadewa ini bertangan empat, tangan kanan memegang trisula, tangan kanan belakang memegang tasbih (aksamala), tangan kiri memegang kendi (kamandalu), dan tangan kiri belakang memegang alat pengusir lalat (camara). Di belakang arca terdapat sandaran (prabha) dengan hiasan lidah api. Arca terbuat dari perunggu, tetapi ketiga pelupuk matanya dilapisi perak, sedangkan bibirnya dilapisi emas.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/arca-siva-mahadewa/
Comments
Loading...