situsbudaya.id

Arca Loga Sulawesi Tengah

0 12

Lokasi Arca Loga

Arca Loga berada di lingkungan jalan Produksi, Desa Pada, Kecamatan Lore Selatan, Sulawesi Tengah.

Arca Loga

Loga dalam arti masyarakat setempat adalah patung yang menerawang di tengah padang, sehingga lokasi arca tersebut dinamakan Padang Loga. Adapun lokasi Padang Loga berbatasan dengan: Sebelah Utara berbatasan Bukit Sabana dan Jalan Produksi, sebelah Timur berbatasan Bukit Sabana, sebelah Selatan berbatasan Lembah Longa, sebelah Barat berbatasan Bukit Sabana.

Jarak jalan antar Desa Gintu-Bomba ke jalan Produksi sampai bukit letak Arca Loga ± 472 meter. Bukit tersebut merupakan padang sabana yang ditumbuhi ilalang serta sebagian areal bukit tersebut menjadi tempat penggembalaan ternak kerbau miliki masyarakat setempat.

Arca Loga berjumlah 1 (satu) buah, dengan posisi Arca Loga tidak berdiri tegak dengan posisi miring ke sebelah Barat dan menghadap ke sebelah Selatan dengan bagian wajah yang dilengkapi mata yang berbentuk lonjong, hidung yang lebar, dan telinga serta kepala berbentuk lonjong. Pada bagian dada terdapat dua buah payudara dan kedua tangan saling menggenggam serta memeluk perut bawah. Uukuran wajah arca loga lebar wajah 53 cm, tinggi wajah 79 cm, lebar dahi 47 cm, panjang hidung 27 cm, tinggi badan 71 cm, dan lebar badan 68 cm.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbgorontalo/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbgorontalo/arca-megalitik-loga-sulawesi-tengah/
Comments
Loading...