situsbudaya.id

Arca Jaladwara

0 46

Arca Jaladwara

Bangunan candi adalah bangunan yang sangat kompleks dan rumit. Banyak pemikiran yang ikut berperan dalam membangun sebuah candi. Bangunan candi yang berdiri megah menggabungkan tehnik bangunan, konsep keagamaan dan seni. Semua aspek bergabung secara harmonis.

Pada bangunan candi terdapat beberapa komponen. Salah satunya adalah yang disebut Jaladwara. Jaladwara difungsikan sebagai komponen bangunan untuk saluran air pada bangunan candi. Keberadaaan Jaladwara di bangunan candi bukan saja memenuhi fungsinya namun juga berhias sangat indah. Salah satunya adalah Jaladwara Candi Sojiwan  yang saat ini di simpan di Kantor Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah.

Di atas saluran air ini diberi hiasan mahkluk berkepala manusia berbadan burung yang lebih dikenal dengan nama kinara untuk menyebut jika laki-laki dan kinari jika perempuan. Memiliki rambut agak panjang dengan ujung ikal yang jatuh di bagian belakang tubuh. Merupakan mahkluk penghuni khayangan yang merupakan pembantu para dewa.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/jaladwara-saluran-air-yang-berseni/
Comments
Loading...