situsbudaya.id

Arca Dyani Buddha

0 26

Arca Dyani Buddha

Arca Dyani Buddha ini terbuat dari batu andesit, dan berasal dari Kompleks Candi Prambanan. Kondisi arca, bagian kepala sudah tidak ada. Ukuran dari arca ini lebar 50 cm, tebal 41 cm dan tinggi 71 cm. Nomor inventarisnya adalah BG. 283. Arca Dyani Buddha ini kini tersimpan di Museum Taman Wisata Candi Prambanan.

Deskripsi dari arca ini sebagai berikut, arca dalam posisi duduk dengan sikap Vajrasana/Padmasanam duduk di atas Padma ganda dan dibawahnya lapik polos dengan kedua kaki disilangkan, kaki kanan di atas kaki kiri. Tangan kanan dari pergelangan ke bawah pecah, tangan kiri diletakkan di atas pangkuan dan terbuka, kemungkinan membentuk sikap Varamudra berdasarkan sisa telapak tangan di pangkuan. Kepala arca hilang. Pakaian tipis berbentuk Jubah Trisiwara. Stella atau sandaran hilang, namun berdasarkan sisa-sisa stella yang ada, memiliki hiasan lidah api (prabhawali).

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/arca-dyani-buddha/
Comments
Loading...