situsbudaya.id

Arca Dwarapala Candi Plaosan

0 72

Arca Dwarapala Candi Plaosan

Candi Plaosan telah dikenal baik oleh masyarakat bukan saja wilayah Jawa Tengah melainkan seluruh Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan dengan beberapa postingan di media sosial. Candi yang dibangun pada abad IX ini memang dikenal sangat cantik dan megah. Banyak sudut di Candi ini yang mempunyai latar belakang bagus untuk berfoto. Salah satunya adalah disekitar sebuah patung panjaga yang disebut arca Dwarapala.

Arca Dwarapala di Kompleks Candi Plaosan terdapat dua pasang. Sepasang terletak di halaman III yaitu mengapit jalan masuk ke candi utama selatan dan sepasang lainnya mengapi t candi utama utara. Ukuran tingginya ialah 2.64 meter. Dua pasang ini saling berhadapan dan mengarah ke jalan. Sikap dan atribut yang dikenakan masing-masing arca sama. Kepa arca berambut ikal diikat kebelakang mengenakan semacam mahkota bermotif bungga. Matanya melotot, berhidung besar dan mempunyai kumis tebal. Telingannya mengenakan anting bermotif bunga.

Leher arca tampak kelihatan pendek dan memakai kalung runcing yang juga bermotif bunga dan berukir tumbuh-tumbuhan. Arca berbadan gemuk dengan badan bagian atas terbuka dan beperut buncit. Sebuah Upawita melingkari badannya melalui bahu kiri. Upawita ini juga bemotif bunga-bunga. Bagian bawah tubuh mengenakan kain yang  yang diikat dipinggangnya. Timang yang digunakan bermotif bungga-bunga. Kain yang dikenakan ujungnya diikat atau diselipkan diantara ikat pinggangnya sehingga kain ini tidak menutup seluruh kaki melainkan hanya sampai batas lutut.

Lengan atas mengenakan kelat bahu yang bermotif manik manik bulat, bunga dan hiasan sulur-suluran. Pergelangan tangan juga memakai gelang bermotif manik-manik bukat. Tangan kiri ditekuk dan memegang ular., sedang telapak tangan kanan memegang pangkal gada.

Dilihat dari atribut yang dipakai rupanya arca Dwarapala Kompleks Candi Plaosan memiliki perbedaan dengan arca Dwarapala Candi Sewu. Arca Dwarapala Candi Sewu bermahkota ular, sedangkan arca Dwarapala Candi Plaosan berupa mahkota dengan motif bunga-bunga. Arca Dwarapala merupakan arca yang difungsikan sebagai arca penjaga bangunan suci. Arca ini cenderung berwajah seram.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/arca-dwarapala-candi-plaosan/
Comments
Loading...