situsbudaya.id

Arca Dhyani Buddha

0 52

Arca Dhyani Buddha

Dhyani Buddha adalah istilah bagi tokoh yang secara spiritual merupakan emanasi atau pancaran dari Adhibuddha, dengan kata lain dari lima macam permenungan (dhyana ) Adhibuddha mengalirkan dari dirinya lima Buddha yang disebut sebagai Dhyani Buddha. Dhyani Buddha sering juga disebut dengan jina (dari bahasa Sanskrta yang artinya pemenang). Dalam keagamaan, ia merupakan seorang yang telah mencapai atau mendapat pengetahuan keagamaan dan telah terbebas dari lingkaran karma atau buah perbuatan dan samsara atau kelahiran kembali.

Pengarcaannya secara umum digambarkan sebagai berikut. Duduk di atas padmasana, tengah bermeditasi, kaki bersila dalam posisi vajraparyanka/vajrasana. Sikap tangan dhyanamudra dengan atau tanpa mangkuk di tangannya. Matanya setengah tertutup memandang ujung hidungnya sendiri, rambut ikal dengan sanggul di bagian atas kepala yang disebut serta memiliki lingkaran kecil di tengah dahi yang disebut urna.

Pakaian yang dikenakan adalah kain bernama trisiwara yaitu kain panjang dan lebar yang menutup dari leher sampai dengan mata kaki, biasanya pundak dan tangan kanan tidak tertutup kain. Tricivara terdiri dari Uttarasanga (pakaian paling atas), Antaravasa (pakaian yang menutupi tubuh bagian bawah sampai dengan kaki), dan (jubah yang dipakai di atas pakaian yang lain). Dhyani Buddha umumnya diarcakan tanpa perhiasan namun kadang memakai boddhisattvabharana (pakaian dan perhiasan kebangsawanan) dengan mahkota, meskipun hal tersebut jarang ditemui.

Dhyani Buddha merupakan istilah yang lebih dikenal daripada Tathagata. Dalam aliranVajrayana,Tathagata merupakan simbol dari lima elemen kosmis yang masing-masing mewakili arah mata angin tertentu. Secara keseluruhan, Dhyani Buddha berjumlah lima orang yaitu, Vairocana, Aksobhya, Ratnasambhava, Amitabha, Amogasiddhi, kadang ditambahkan Dhyani Buddha keenam, yaitu Vajrasattva. Namun demikian, Vajrasattva lebih sering dihubungkan dengan Adhibuddha.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/dhyani-buddha/
Comments
Loading...