situsbudaya.id

Arca Dewa Dewi

0 56

Arca Dewa Dewi

Arca Dewa Dewi ini berasal dari Komplek Candi Prambanan. Arca ini berukuran tinggi seluruh 60 cm, lebar 41 cm, dan tebalnya 19 cm. Dengan nomor inventaris BG. 149, arca ini kini disimpan di Museum Taman Wisata Candi Prambanan. Arca sepasang laki-laki dan wanita. Laki-laki di sebelah kanan dan wanita di sebelah kiri. Stella menjadi satu dengan arca. Masing-masing mempunyai Sirascakra polos, mahkota kiritamakuta.

Posisi arca laki-laki duduk sila, kaki satu di atas kaki yang lain. Bertangan dua, tangan kiri diletakkan di pangkuan dengan telapak menghadap ke atas, tangan kanan ditekuk ke atas dan membawa bunga. Tangan kanan pada pergelangan putus. Arca wanita duduk dengan posisi miring ke kiri, kaki kiri ditekuk miring, kaki kanan ditekuk bertemu di mata kaki kiri. Bertangan dua, tangan kiri pergelangan putus, tangan kanan ditekuk ke atas membawa tangkai bunga ½ mekar.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/arca-dewa-dewi-siva-parvati/
Comments
Loading...