situsbudaya.id

Arca Dewa Brahma

0 36

Arca Dewa Brahma

Arca Dewa Brahma ini berasal dari halaman II sisi selatan Kompleks Candi Prambanan. Arca ini memiliki nomor inventaris BG. 1096. Terbuat dari batu andesit dengan ukuran lebar 100 cm, tebal 40 cm, dan tinggi 279 cm. Arca ini kini tersimpan di  Museum Taman Wisata Candi Prambanan.

Arca dalam posisi tegak berdiri di atas lapik Padma dengan sikap samabangha. Arca digambarkan berkepala empat buah, memakai mahkota kiritamakuta, mempunyai tangan empat buah, tangan kiri depan putus dari siku sampai telapak tangan, tangan kiri belakang membawa camara, tangan kanan depan di samping pinggang dengan sikap memberi anugerah (waramudra), tangan kanan belakang putus di pergelangan. Arca memakai kalung, gelang lengan, gelang siku, gelang tangan, dan gelang kaki, memakai kain sampai pergelangan kaki. Stella bagian bawah dan atas patah. Pada saat terjadi gempa tahun 2006, arca ini roboh dan pecah menjadi beberapa bagian, namun sekarang telah dapat direkonstruksi kembali.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/arca-dewa-brahma/
Comments
Loading...