situsbudaya.id

Arca Angkusavarahi Bantul

0 38

Arca Angkusavarahi

Arca Angkusavarahi dengan nomor inventaris BG. 128 ini ditemukan di Dusun Surocolo, Seloharjo, Pundong, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Arca ini berbahan dasar perunggu, memiliki ukuran tinggi seluruh 8,6 cm, lebar 6,7 cm, dan tebal 2 cm. Arca ini ditemukan oleh Sudarnowiyono pada September 1976.

Hayāsyā adalah salah satu dari empat dewi penjaga mandala., yang lainnya adalah Sukarasya, Simhasya, dasa Svanasya. Dewi ini digambarkan berbadan manusia, tetapi berkepala kuda. Dalam ikonografi perwujudan setengah manusia setengah binatang disebut bentuk anthropomorpik. Dalam mandala Hevajra dan nairatma, Hayasya menempati mata angin arah timur.

Hayasya digambarkan berdiri di atas padmasana dengan sikap pratyahdha, yaitu tungkai kaki ditekuk. Tangan kanan membawa alat penggertak gajah (angkusa) dan diangkat ke depan, tangan iri di depan perut memegang kepala babi hutan. Motif kain yang dikenakan semacam motif sidomukti.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/arca-angkusavarahi-hayasya/
Comments
Loading...