Apotik Bhakti Medika Farma Payakumbuh

0 9

Apotik Bhakti Medika Farma

Bangunan ini dibangun pada tahun 1932, ini dapat dilihat dari pertulisannya yang terletak pada bagian ambang atas pintu masuk pediment yang bertuliskan ( 1917 ). Fungsi semula bangunan tidak diketahui secara pasti. Bangunan ini berdenah trapesium dengan atap berbentuk limas dengan ukuran : 5 m x 16 m. Rumah ini memiliki gaya/arsitektural kolonial yang sangat kental, ini jelas terlihat pada bagian dinding yang kokoh dan tebal jendela dan pintu yang berukuran besar dan lebar.

Pada bagian pintu masuk terdapat hiasan berupa entablature ( suatu kesatuan balok didukung oleh kolom dan konstruksi klasik ) yang ditopang oleh dua buah kolom. Kolom tersebut bergaya Romawi lengkung setengah lingkaran yang diapit 2 tiang kembar ordo doria. Di atas porch terdapat pedimen (kontruksi dinding berbentuk segitiaga yang terletak dibagian atas pintu). Kontrksi tersebut dihiasi relif klasik Eropa yang dipadu dengan ragam hias. Bangunan ini sekarang dipakai sebagai tempat Apotik dan Laboratorium Bhakti Medika Farma.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Payakumbuh.pdf
Comments
Loading...