Alang Sulawesi Selatan

0 67

Alang

Alang merupakan bangunan pelengkap dari bangunan Rumah Adat di kabupaten Mamasa, bangunan alang ini difungsikan sebagai tempat penyimpanan bibit padi dan hasil panen. Alang yang ada dalam lokasi rumah adat Rambu saratu ada 3 (tiga) buah yang kesemuanya berada tepat di depan bangunan Rumah Adat, maka dari itu akan diuraikan menenai deskripsi setiap bangunan alang. Alang nomor 1 memiliki orientasi timur – barat dan memiliki tiang 8 (delapan) buah, alang nomor 2 dengan orientasi utara – selatan dan memiliki tiang sebanyak 10 (sepuluh) buah sedangkan alang nomor 3 memiliki orientasi timur –barat dan memiliki tiang sebanyak 6 (enam) buah.

Bangunan Alang juga terdiri dari beberapa bagian yaitu; bawah kaki, bagian tengah badan dan bagian atas (atap). Tiang (lettong) yang terbuat dari kayu banga berbentuk bulat, lettong ini dipasang langsung diatas badan alang tanpa sambungan, pada ketinggian 90 cm dari tanah antara lettong dipasangkan balok pemikul lantai yang dinamakan pangallo lettong. Ukuran kayu 7/16 cm sebanyak 20 buah, kemudian dihubungkan dengan balok rampea alang secara melintang dan membujur, pada ujung balok rampea alang dipasangi papan dodo’ ukuran 1/25 cm dan diatasnya dipasangi lantai (sali) ukuran kayu 2/25 cm, pada sekeliling kaki alang diperkuat dengan balok roro ukuran 3/10 cm. Pada badan rumah terdapat ruang tempat penyimpanan padi, untuk bagian dinding dipasang balok panampu alang dengan ukuran kayu 7/16 cm dan diatasnya dipasang sali ruang alang.

Bagian atas (penutup) alang memiliki model konstruksi dengan bangunan rumah adat, tetapi untuk bangunan alang hanya terdapat balok lelean balao Ǿ 6 cm, kaso sule Ǿ 5 cm, kaso Ǿ 6 cm, petoke 3/6 cm, balok mangoba Ǿ 6 cm dan balok manete.Ǿ 4 cm. Diatas balok petoke dipasang atap dari kayu dan untuk masuk keruang alang terdapat pintu pada bagian barat. Pada ujung atap depan dan belakang masing-masing dipikul satu balok panulak yang baloknya diperkuat dengan katea alang, dibawah katea alang diberi tandu titing alang dan dihubungkan lagi dengan panuang panulak bentuk lingkaran.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/category/info-budaya/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/evaluasi-hasil-konservasi-rumah-adat-rambu-saratu-kabupaten-mamasa-sulawesi-barat/
Comments
Loading...