Situs Taman Purbakala Cipari Jawa Barat

0 209

Sejarah Taman Purbakala Cipari

Situs Purbakala Cipari merupakan situs peninggalan megalitikum di Kabupaten Kuningan. Situs Taman Purbakala Cipari dengan luas 7.000 m² terdiri dari lokasi taman yaitu dikelilingi tembok batu setinggi 2 m yang luasnya 2.500 m²  dan sisanya tempat parkir dan halaman lainnya. Alamat Situs Purbakala Cipari Jl. Taman Purbakala Cipari, Winduherang, Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

 

Situs Cipari lebih dikenal dengan sebutan  Site Museum Taman Pubakala Cipari yang semula tanah milik Bapak Wijaya warga masyarakat, semula pada permukaan tanah tidak nampak adanya Monumen – monumen maupun artefak yang bercirikan Purbakalaan.

Pada tahun 1971 Bapak Wijaya menemukan jenis bebatuan yang mirip dengan batu yang pernah dipamerkan di Gedung Paseban Tri Panca Tunggal Cigugur. Informasi ini di teliti oleh bapak P.Djatikusumah dengan mengadakan penggalian percobaan, dan mengasilkan sebuah petik kubur batu, kampak batu, gelang batu dan gerabah .

Penemuan ini dilaporkan ke Lembaga Purbakala dan Peninggalan Nasioanal di Jakarta, dan selanjutnya Lembaga peninggalan Purbakala Nasional mengadakaan penelitian dan penggalian yaitu: 

  • Tahun 1972 penggali percobaan dengan tujuan penyelamatan
  • Tahun 1975 kegiatan penggalian Total
  • tahun 1976 Pembangunan Site Museum Taman Purbakala Cipari
  • Tanggal 23 February 1978 diresmikan oleh Mentri pendididkan dan kebudayaan , Prof.Dr.Syarif Thayeb.

Situs kepurbakalaan Cipari ditemukan pada tahun 1972 dengan identifikasi sebuah peti kubur batu yang merupakan salah satu ciri pengalaman hidup manusia masa prasejarah. Penelitian arkelogi secara sistematis dibawah pimpinan Teguh Asmar MA dari Direktorat sejarah dan purbakala Direktorat Jendral kebudayaan yang melakukan penggalian pada tahun 1975 menghasilkan temuan peti kubur batu yang ke-2 perkakas batu perunggu, gerabah dan berkas – berkas bangunan prasejarah.

Source Situs Cipari Jawa Barat
Comments
Loading...