Candi Lawang Candi Hindu di Boyolali Jawa Tengah

0 261

Kompleks Candi Lawang

Kompleks Candi Lawang terletak di Dusun Dangean, Kelurahan Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Propinsi Jawa Tengah. Kompleks Candi Lawang terletak di lingkungan yang berteras – teras dan berbatasan dengan pemukiman penduduk serti tebing-tebing yang tidak terlalu dalam. Candi Lawang ini juga termasuk salah satu candi Hindu yang ada di Indonesia.

Bentuk Bangunan Candi Lawang

Di kompleks Candi Lawang ditemukan lima struktur bangunan yaitu candi Induk, Candi Perwara I, Candi Perwara II, Candi Perwara III, dan Candi Perwara IV. Diantara kelima struktur bangunan ini, Candi Induk memiliki struktur yang paling lengkap dan baik kondisinya. Pada Candi Induk masih dapat dijumpai batur, kaki, tubuh bawah dan pintu. Sementara itu, empat struktur bangunan lainnya hanya tersisa pondasi dan bagian alas bangunan.

Candi Lawang  memiliki struktur menyerupai kompleks Candi Prambanan, yaitu 3 candi utama dan 3 candi Perwara. Berdasarkan hasil penelitian, Candi Lawang lebih tepat disebut dengan “kompleks Candi Lawang” yang antara lain ditunjukkan oleh kompleksitas bangunan yang terdiri atas sedikitknya 6 bangunan. Keenam bangunan yang sudah dapat dikenali adalah satu Bangunan Induk, dua bangunan perwara di kanan dan kiri bangunan induk, serta tiga bangunan di atas satu batur yang berada di depan ketiga bangunan tersebut.

Latar belakang keagamaan Candi Lawang dapat diketahui dari penemuan Yoni. Dalam agama Hindu, Yoni beserta lingga merupakan identifikasi yang sangat signifikan. Pada bangunan candi, Lingga merupakan objek pemujaan utama dan biasanya ditempatkan diatas sebuah yoni. Lingga sendiri merupakan symbol dari dewa Siwa sedangkan yoni merupakan symbol dari istrinya atau saktinya yang juga mengambarkan kesuburan.

Sejarah Candi Lawang

Data arkeologis yang ditemukan di Kompleks Candi Lawang sampai sekarang belum ada yang dapat digunakan untuk menentukan secara pasti kapan candi ini dibangun. Secara relatif periodesasi candi dapat diketahui dari langgam bangunan. Langgam bangunan dapat ditentukan berdasarkan bentuk perbingkaian bagian kaki candi dan bangian tubuh bawah yang berbentuk genta dan setengah lingkaran. Berdasarkan karakteristiknya, periodisasi Kompleks Candi Lawang dapat diketahui, yaitu antara tahun 750 M -800 M.

Menurut pihak pengelola Candi ini masih dalam tahap pemugaran di setiap bagian inti candi. Oleh karena itu, sebagai pengunjung yang arif dan baik hati lebih baik tetap menjaga keutuhan candi.

 

Source Candi Lawang Candi Lawang
Comments
Loading...