Candi Sari Boyolali Peninggalan Hindu di Jawa Tengah

0 301

Candi Sari

Candi Sari merupakan saksi bisu terhadap kebiasaan masyarakat dahulu contohnya dalam peribadahan pada Sang Pencipta. Candi Sari dekat dan berada dalam satu wilayah dengan Candi Lawang. Candi Sari terletak di Dusun Gedangan Kecamatan Cepogo dan termasuk dalam wilayah kabupaten Boyolali, sebelah utara dari Kota Solo. Candi sari juga termasuk candi Hindu yang ada di Indonesia. Untuk mencapai lokasi tersebut sahabat pelancong harus menyiapkan kendaraan yang benar-benar dalam kondisi bagus, karena jalan yang dilalui adalah jalan di perkampungan, dan juga harus melewati pertigaan kampung dan gang kecil, sebaiknya bertanya pada warga sekitar untuk menjaga agar tidak tersesat, lagi pula masyarakat sekitar candi sangat terbuka dengan pendatang baru apalagi turis.

Bentuk Candi Sari

Candi Sari berukuran panjang 4 meter persegi, tinggi 2 meter dan memiliki 4 stupa kecil di masing-masing ujungnya, serta satu stupa dengan ukuran lebih besar ditengah candi. Didepan Candi Sari terdapat beberapa patung sapi, tempat sesaji, batu-batu candi dengan relief khas hindu. Candi Sari termasuk candi hindu karena memiliki ciri khas terdapat patung sapi dan arca siwa. Berdasarkan cerita turun-temurun candi ini apabila dilihat secara gaib adalah sebuah keraton (menurut juru kunci candi).

Bukan hanya merupakan sebuah keraton apabila dilihat secara gaib, Candi Sari ditunggui oleh seekor anjing hitam berkulit mulus, ada cerita bahwa candi ini adalah candi yang kalah karena berperang dengan pihak masyarakat Pantaran. Pantaran adalah tempat pemandian di kecamatan Ampel, sebelah utara dari Cepogo. Karena di Pantaran merupakan sumber mata air, maka wilayah itu menang. Oleh beberapa mitos ini banyak sahabat pelancong yang penasaran dan datang untuk mendengar cerita lebih detail.

Sejenak berpaling dari mitos Candi Sari, hal lain yang terdapat di wilayah candi adalah adanya pohon beringin besar yang mendukung keasrian dari lokasi tersebut. Udara sejuk dan keindahan alam dapat ditemukan dengan mudah disini meskipun aksesnya cukup sulit dan rumit namun semua terbayar dengan keindahan pemandangan yang disuguhkan serta cerita sejarah untuk pembelajaran sejarah.

Source Candi Sari Boyolali sumber
Comments
Loading...