Candi Sambisari di Kabupaten Sleman Yogyakarta

0 133

Candi Sambisari

Candi Sambisari merupakan candi Hindu yang diperkirakan dibangun pada masa kejayaan Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini secara administratif terletak di Desa Sambisari, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Akses menuju Candi Sambisari terbilang cukup mudah, berada sekitar 12 km dari timur pusat kota Yogyakarta, dan kira-kira hanya 4 km dari kompleks Candi Prambanan.

 

 

 

 

 

 

 

 

Konstruksi dari bangunan candi ini terbilang cukup unik, berbeda bila dibandingkan dengan candi Hindu yang banyak terdapat di Jawa. Bangunan-bangunan dari Candi Sambisari berada pada 6,5 m di bawah permukaan tanah, lebih rendah dari tanah di sekeliling kompleks candi tersebut. Keunikan konstruksi bangunan inilah yang membuat kamu harus mengunjungi situs wisata bersejarah yang berada di kota Jogja ini.

Sejarah Candi Sambisari

Candi Sambisari di perkirakan di bangun pada abad ke 9 yaitu sekitar tahun 812 – 838 oleh Raja Rakai Garung. Raja Raka Graung sendiri adalah Raja dari kerajaan Mataram Kuno dari Wangsa Sanjaya. Bangunan candi dibangun dengan menggunakan material batu padas. Jenis material yang sama untuk membangun Candi Plaosan, Candi Sojiwan, serta Candi Prambanan di abad ke 9.

Arsitektur Bangunan Candi Sambisari

Kompleks Candi Sambisari memiliki luas halaman sekitar 50 x 48 m dan dikelilingi oleh dua lapis pagar batu. Pagar batu pada sisi terluar memiliki ketinggian yang lebih rendah dari pada pagar batu sisi dalam yang mempunyai ketebalan sekitar 50 cm dan tinggi mencapai 2 m.

Candi Sambisari sendiri terdiri dalam satu candi utama serta tiga candi perwara atau candi pendamping. Candi utama pada kompleks Candi Sambisari berbentuk bujur sangkar dengan ukuran sekitar 13,65 x 13,65 m dan memiliki ketinggian sekitar 7,5 m.

Di bagian luar pagar utama kamu dapat menjumpai relung yang berisi patung Durga Mahisasuramardini pada bagian utara, patung Ganesha pada sebelah timur, patung Agastya pada bagian selatan. Serta di sebelah barat terdapat dua patung dewa penjaga pintu yaitu Mahakala dan Nandiswara.

Pada bagian candi utama kamu dapat menemukan arca lingga dan yoni dengan ukuran cukup besar. Kedua patung tersebut merupakan bentuk penghormatan umat Hindu kepada Dewa Shiwa. Lingga dan yoni juga dapat diartikan sebagai lambang kemakmuran dan kesuburan.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Candi Sambisari

Candi Sambisari dibuka untuk umum setiap hari kecuali hari minggu mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB. Harga tiket masuk per orang wisatawan asing/domestik Rp. 5.000,-. Alamat candi Sambisari ini terletak di Jl. Candi Sambisari Kadirojo, Purwotani, Kalasan, Kabupaten Sleman Yogyakarta.

 

Source Candi Sambisari kompasiana
Comments
Loading...