Prasasti Kelurak di Museum Nasional

0 407

Prasasti Kelurak

Prasasti adalah piagam atau dokumen yang ditulis pada bahan yang keras dan tahan lama. Penemuan prasasti pada sejumlah situs arkeologi, menandai akhir dari zaman prasejarah, yakni babakan dalam sejarah kuno Indonesia yang masyarakatnya belum mengenal tulisan, menuju zaman sejarah, dimana masyarakatnya sudah mengenal tulisan.

Prasasti Kelurak merupakan prasasti batu yang memiliki angka tahun 782 M. Prasasti kelurak ini di temukan di dekat Candi Lumbung tepatnya di Desa Kelurak, yaitu di sebelah utara Kompleks Percandian Prambanan, Jawa Tengah. Prasasti Kelurak sendiri merupakan salah satu prasasti peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno di Jawa.

Keadaan batu pada prasasti Kelurak sudah sangat aus/ sudah sulit untuk dibaca, sehingga isi keseluruhannya kurang diketahui. Namun, secara garis besar prasasti Kelurak ini berisi tentang didirikannya sebuah bangunan suci untuk arca Manjusri atas perintah Raja Indra yang bergelar Sri Sanggramadhananjaya. Menurut para ahli, yang dimaksud dengan bangunan tersebut adalah Candi Sewu, yang terletak di Kompleks Percandian Prambanan. Nama raja Indra tersebut juga ditemukan pada Prasasti Ligor dan Prasasti Nalanda peninggalan kerajaan Sriwijaya.

Di ketahui bahwa prasasti Kelurak ini di tulis menggunakan aksara Pranagiri, dan dengan menggunakan bahasa Sanskerta. Untuk saat ini keberadaan dari Prasasti Kelurak ini sudah di dipindahkan dan di simpan di Museum Nasional Indonesia, Jakarta dengan iventaris No. D. 44.

 

Source Prasasti Kelurak Di Museum Nasional wikipedia
Comments
Loading...