Prasasti Kalasan Ditemukan di Kalasan Sleman DIY

0 1.305

Prasasti Kalasan

Prasasti adalah piagam atau dokumen yang ditulis pada bahan yang keras dan tahan lama. Penemuan prasasti pada sejumlah situs arkeologi, menandai akhir dari zaman prasejarah, yakni babakan dalam sejarah kuno Indonesia yang masyarakatnya belum mengenal tulisan, menuju zaman sejarah, dimana masyarakatnya sudah mengenal tulisan.

Salah satu bukti adanya zaman prasejarah dari Kerajaan Mataram Kuno adalah Prasasti Kalasan. Prasasti Kalasan adalah salah satu prasasti peninggalan Wangsa Sanjaya yang berasal dari Kerajaan Mataram Kuno. Prasasti Kalasan ini memiliki angka tahun 700 Saka atau setara dengan tahun 778 M. Prasasti ini dulu ditemukan di kecamatan Kalasan, Sleman, Yogyakarta, diketahui Prasasti Kalasan ini ditulis dalam huruf Pranagari (India Utara) dan bahasa Sanskerta.

Prasasti Kalasan ini menyebutkan, bahwa Guru Sang Raja yang telah berhasil membujuk Maharaja Tejahpura Panangkarana (Kariyana Panangkara) ia merupakan mustika keluarga Sailendra (Sailendra Wamsatilaka) atas permintaan keluarga Syailendra, untuk membangun bangunan suci bagi Dewi Tara dan sebuah biara bagi para pendeta, serta penghadiahan desa Kalasan untuk para sanggha (umat Buddha). Bangunan suci yang dimaksud adalah Candi Kalasan.

Prasasti Kalasan dapat digunakan sebagai bukti yang konkrit dalam memahami pernyataan mengenai kerajaan Hindu-Buddha di Nusantara. Khususnya adalah pada masa kerajaan mataram kuno.

Prasasti Kalasan ini kini disimpan dengan No. D.147 di Museum Nasional, Jakarta. Prasasti lain yang merupakan prasasti peninggalan Mataram Kuno yaitu Prasasti Canggal, Prasasti Mantyasih, Prasasti Kelurak, Prasasti Ratu Boko, dan Prasasti Nalanda.

Source Prasasti Kalasan Peninggalan Mataram Kuno Kekunaan
Comments
Loading...