Candi Puntadewa Dieng Jawa Tengah

0 230

Candi Puntadewa

Candi Puntadewa terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara Jawa Tengah, bukan di kerajaan Hastinapura maupun kerajaan Amarta. Candi Puntadewa ini diberi penamaan berdasarkan tokoh pewayangan Pandawa Lima yang terkenal dalam kisah Mahabharatanya. dan lokasi Candi Puntadewa ini juga terletak bersama temannya yang lain dalam satu komplek, yaitu komplek Arjuna.

Puntadewa merupakan salah satu tokoh pewayangan kisah Mahabharata, Puntadewa sendiri berarti derajat keluhurannya setara para dewa. Dalam versi pewayangan Jawa Puntadewa merupakan nama atau julukan yang lain untuk Yudistira. Menurut kisah pewayangan Yudistira adalah putra tertua pasangan Pandu dan Kunti, raja dan ratu dari kalangan Dinasti Kuru, dengan pusat pemerintahan di Hastinapura.

Adapun kelima Candi yang tergabung dalam komplek Candi Arjuna adalah: Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi,Candi Sembadra dan Candi Puntadewa itu sendiri. seperti candi lainnya yang berada di kompleks candi Arjuna, ukuran Candi Puntadewa tidak terlalu besar, namun candi ini tampak lebih tinggi. meskipun saat ini di setiap sudut candi ini sudah ditopang oleh kayu konstruksi yang mencegah bebatuan dari Candi Puntadewa ini roboh dan jatuh, tetapi Candi ini masih kuat berdiri melawan perubahan jaman dan menjadi saksi kejayaan peradaban Wangsa Sanjaya.

Spesifikasi Candi

Tubuh candi berdiri di atas batur bersusun setinggi sekitar 2,5 m. Tangga menuju pintu masuk ke dalam ruang dalam tubuh candi dilengkapi pipi candi dan dibuat bersusun dua, sesuai dengan batur candi.Ruang dalam tubuh candi sempit dan kosong. Di ketiga sisi lainnya terdapat jendela yang bingkainya diberi hiasan mirip dengan yang terdapat di pintu.

Atap Candi Puntadewa ini belum seutuhnya sempurna, masih ada yang kurang menutup pada bagian paling atasnya, berbeda dengan candi Arjuna yang sedara keseluruhan atap nya menutup dengan sempurna. Sekitar setengah meter di luar kaki candi terdapat batu yang disusun berkeliling memagari kaki candi.

Di depan candi terdapat batu yang disusun berkeliling membentuk ruangan berbentuk bujur sangkar. Di tengah ruangan terdapat dua buah susunan tumpukan dua buah batu bulat yang puncaknya berujung runcing. diperkirakan kemungkinan ini merupakan sebuah candi perwara yang diperuntukkan sebagai penjaga candi.

Source Candi Puntadewa ejawantahwisata
Comments
Loading...