Museum Bumiputera Magelang

0 152

Museum Bumiputera Magelang

Museum Bumiputera merupakan museum yang beralamatkan di jalan Jend. A. Yani No 20, beberapa puluh meter sebelum alun-alun Kota Magelang jika dari arah Semarang, lokasinya cukup strategis. Yakni tepatnya sebelah barat jalan.

Gedung museum AJB Bumiputera 1912 dibangun dengan gaya khas jawa tengah yaitu joglo beratap susun tiga saat ini menyimpan sejarah luar biasa, khususnya terkait perjalanan dunia perasuransian Indonesia. Sekilas, orang pasti tidak menduga kalau museum yang terlihat dingin tersebut menyimpan koleksi-koleksi unik. Koleksi yang tersimpan meliputi dokumen baik saat pertama kali berkantor di Magelang, Jogjakarta, hingga Jakarta. Dari koleksi dokumen itu kita bisa melihat beragam jenis kertas yang ada pada tahun 1912. Jenis koleksi berikutnya adalah beragam jenis uang yang masih tersimpan rapi dan dari tahun dan masa pemerintahan yang berbeda. Tersimpan pula koleksi mesin-mesin antik yang digunakan Bumi Putera, seperti mesin ketik, mesin hitung, mesin kalkulator,mesin pencetak kuitansi, mesin hitung, dan sebagainya. Selain itu terdapat beragam model lambang AJB Bumiputera yang berubah-ubah dari tahun ke tahun dan koleksi foto kantor wilayah AJB Bumiputera yang ada  di seluruh Indonesia.

Di depan gedung museum berdiri tegak tiga tokoh pendiri yang berwujud tiga buah patung dari Mas Ngabehi Dwidjosewojo, Mas Karto Hadi Soebroto dan Mas Adimidjojo yang dengan gagah perkasa menatap hari depan, menyemburkan semangat yang dirajut idealisme.Betapa tidak, para pendiri Bumiputera telah menggulirkan sejarah. Para pendiri telah berbuat nyata. Tak heran bila Presiden Soeharto dalam sambutannya pada HUT ke-80 Bumiputera tahun 1992 mengatakan, “Perusahaan ini adalah alat perjuangan bangsa yang gagah berani di tengah-tengah perjuangan menghadapi kejamnya penjajahan asing.”

Museum AJB Bumiputera 1912 diresmikan oleh Walikota Magelang, Drs. A. Bagus Panuntun, pada hari Senin, 20 Mei 1985, bertepatan peringatan hari Kebangkitan Nasional, dimaksudkan untuk melestarikan gagasan, cita-cita luhur dan karya pendiri AJB Bumiputera 1912. Museum AJB Bumiputera 1912 ini, menjadi satu-satunya musium asuransi di Indonesia. Dengan melihat koleksi musium yang ada, kita bisa melihat kilasan sejarah bagaimana Bumiputera hadir dan berkembang menjadi usaha perasuransian pertama dan terbesar di Indonesia.

Source Museum Bumiputera KOTA TOEA MAGELANG
Comments
Loading...