Museum Batik Pekalongan

0 129

Museum Batik Pekalongan

Museum Batik Pekalongan adalah museum yang terletak di Jl. Jetayu  No.1 Pekalongan Jawa Tengah. Museum ini didirikan pada tanggal 23 Mei 2006 dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, yaitu Bapak Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 12 Juli 2006. Terwujudnya Museum Batik di Kota Pekalongan ini yaitu sebagai wadah untuk menggali, melestarikan dan mengembangkan batik sebagai warisan budaya bangsa Indonesia serta pusat informasi yang perlu dikembangkan, dibina dan dipelihara keberadaannya.

Sejak abad XIV-XVI Kota Pekalongan telah dikenal karya dan kegiatan membatik sebagai salah satu pokok penghidupan sebagian besar masyarakatnya. Tanggal 12 Juli 1972 perwakilan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah. Kepala Bidang Permuseuman didukung oleh Walikota ke 10 (sepuluh) Drs. R. Soepomo mendirikan Museum Batik di Pekalongan yang terletak di tengah Kota Pekalongan,  sebelah selatan kawasan Taman Hiburan Rakyat (THR) Gedung Bintang Merdeka yang sekarang dikawasan Pos Penjagaan Polisi (Posis) Jalan Resimen XVII.

Pemandangan pada ruang pamer pertama Museum Batik Pekalongan dengan penataan koleksi yang lumayan apik. Patung loro blonyo, lambang Dewi Sri dan Raden Sadono, menyambut setiap tamu. Koleksi batik di museum dipajang di ruang pamer terbuka, dan ada pula yang berada di dalam lemari kaca, terutama batik lawas yang bernilai sejarah tinggi.

Museum Batik Pekalongan juga menyimpan koleksi batik asal luar Pulau Jawa, diantaranya Batik Bengkulu motif Besurek, Batik Riau motif Dhlorong Kembang, Batik Madura motif Ayam Alas Latar Banji, dan Batik Kalimantan Timur motif Aso Kepala Tumpal Pasung. Ada pula Batik Malaysia, Batik India motif Tiruan Patola, dan Batik Sri Lanka.

Koleksi Museum Batik Pekalongan lainnya adalah Batik Pekalongan motif Lereng Putri Bali yang sangat anggun, Batik Semarang motif Asem yang sumringah, Batik Banten motif Pamarangan, Batik Kudus motif Buketan, dan motif Jlmaprang Kawungan yang sangat indah, dan batik motif Buketan Kepala Dhlorong Kembang Gaya Kelengan yang kalem.

Museum Batik dengan luas 40 m2 dan bangunan yang sangat sederhana memamerkan 1149 koleksi batik, antara lain wayang beber dari kain batik yang berusia ratusan tahun serta alat tenun tradisional ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) maupun peralatan untuk proses membuat batik dan dikelola oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P & K) Kota Pekalongan.

Source Museum Batik Pekalongan Museum Batik Pekalongan
Comments
Loading...