Museum Kapal Samudraraksa Magelang

0 155

Museum Kapal Samudraraksa

Museum Kapal Samudraraksa terletak di dalam zona penyangga II areal Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Pembangunan museum ini ditujukan untuk mengingatkan kembali akan kejayaan nenek moyang bangsa Indonesia yang berhasil mengarungi Samudera Hindia hingga ke wilayah Afrika.

Pada Museum ini juga terdiri dari 3 bangunan. Bangunan yang pertama merupakan tempat informasi, display foto, poster, relief, serta pemutaran film. Bangunan kedua yaitu bangunan yang berbentuk rumah joglo, bangunan ini merupakan tempat kapal Samudraraksa dipajang. Selain kapal, di bangunan kedua ini juga menyimpan barang – barang yang dipergunakan oleh para awak kapalnya sewaktu berlayar mengarungi samudera, seperti: peralatan memasak, peralatan rumah tangga sehari-hari, buku, kaset, cd, vcd, dan obat-obatan. Sedangkan bangunan ketiga berfungsi sebagai kantor dan tempat penjualan suvenir.

Museum Samudra Raksa diresmikan pada 31 Agustus2005 oleh Menteri Koorditor Kesejahteraan Rakyat RI Prof.Dr. Alwi Shihab. Sebuah penghargaan dan apresiasi yang pantas bagi awak kapal dan semua pihak yang telah bekerja sama dalam mendukung Ekspedisi Kapal Borobudur.

Museum Samudra Raksa menyajikan benda-benda budaya yang berhubungan dengan kapal dan pelayaran. Dalam museum ini, pengunjung juga dapat melihat betapa kokohnya kapal yang dibuat dengan cara tradional. Museum Samudra Raksa Juga terletak dalam lingkungan kompleks taman arkeologi Borobudur dan jika anda memasuki dalam museum samudra raksa ini anda akan disuguhi banyak lukisan dan ornamen khas kapal.

Kapal Samudraraksa mempunyai ukuran panjang 18,29 meter dengan lebar 4,5 meter, dan tinggi badannya 2,25 meter. Kapal ini juga di bagi menajdi 3 bagian yaitu depan sebahai kabin tempat tidur, tengan untuk ruang makan dan navigasi sedangkan buritan di funsikan sebagai ruang kemudi, dapur, dan tempat untuk mencuci piring. Dalam pelayarannya Kapal Samudraraksa di lengkapi dengan 2 layar tanyak, 2 buah kemudi dan cadik ganda. Selain itu di ketahui pula Kapal Samudraraksa ini berkecepatan 3-10 knot, yaitu dengan kapasitas kapal 16 orang,1500 liter air tawar, 900 kg beras, 2 upright sails, 1 ton kayu baker, 0,5 ton bahan makanan dan bumbu. Dulu kapal ini juga di lengkapi dengan fasilitas keselaman selama melakukan pelayaran, yaitu Global Positioning Satelite (untuk mengetahui posisi kapal), NavTex (untuk menerima informasi cuaca), EchoSounder (untuk mendeteksi kedalaman air), Inmarsat Telephone Satelite (untuk komunikasi di tengah lautan), Lift Raft (dua buah rakit apung)

Source Museum Kapal Samudraraksa dolan magelang
Comments
Loading...