Museum Ronggowarsito Semarang Jawa Tengah

0 353

Museum Ronggowarsito

Museum Ronggowarsito salah satu museum di Jawa Tengah yang terletak di Jl. Abdulrachman Saleh No 1, Semarang. Museum Ronggowarsito ini memiliki koleksi benda – benda bersejarah baik asli maupun replika khususnya yang ditemukan di lingkup Jawa Tengah. Nama Ronggowarsito berasal dari nama seorang pujangga yang berasal dari Jawa yang hidup pada abad ke 19 yang merupakan ahli nujum Keraton Kasunanan Surakarta. Karyannya dikenal luas dan banyak dikutip pada Serat Kalatidha yang merupakan buku atau catatan tentang zaman yang penuh ketidakpastian.

Terdapat beberapa gedung di Museum Ronggowarsito gedung tersebut diantaranya gedung auditorium, gedung perpustakaan, laboratorium, gudang serta taman. Terdapat empat gedung utama di Museum Ronggowarsito dan kesemuanya masing – masing memiliki dua lantai. Terdapat 59.802 koleksi di Museum Ronggowarsito yaitu dari mulai peninggalan masa prasejarah hingga masa memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, jumlah tersebut mungkin akan terus bertambah seiring dengan penemuan – penemuan yang kemudian dipindah ke museum ini.

Bagian depan Museum Ronggowarsito berupa bangunan joglo yang merupakan bangunan khas Jawa Tengah. Sebelah kiri bangunan joglo terdapat pula kereta yang ditarik empat kuda dengan ksatria yang menunggangi dengan membawa panah. Kemudian di sebalah kiri dan kanannya terdapat arca dwarapala yang seolah menjaga bangunan Ronggowarsito.

Museum Ronggowarsito mulai dibangun pada tahun 1975 dan diresmikan pada tanggal 5 Juli 1989 diatas tanah seluas 2 Ha. Arsitek dari bangunan Museum Ronggowarsito adalah Ir. Totok Rusmanto dari UNDIP. Terdapat beberapa gedung di museum ini dengan klasifikasi benda – benda tertentu.

Gedung A lantai 1 merupakan ruang sejarah alam dengan koleksi kosmologis, geologi dan geografika serta ekologi. Sedangkan pada lantai 2 Gedunga A merupakan ruang palaeontologi, palaeobotani, palaeozoologi dan palaeoantropologika. Gedung B lantai 1 merupakan sejarah peradaban kebudayaan dengan koleksi masa Hindu Buddha, Islam, Eropa dan kraton. Sedangkan pada lantai 2 Gedung B menyimpan koleksi benda purbakala dari zaman batu, zaman logam dan peradaban polinesia. Gedung C merupakan ruang perjuangan bangsa dan etnografi. Gedung D lantai 1 merupakan ruang era pembangunan dan pada lantai 2 merupakan ruang kesenian.

Source Museum Ronggowarsito Semarang Museum Ronggowarsito Semarang
Comments
Loading...