Monumen Palagan Ambarawa Semarang

0 283

Monumen Palagan Ambarawa terletak di Jln.Mgr.Soegipranoto, Kota Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata sejarah di Semarang tepatnya di kota Ambarawa. Tempat wisata ini juga tidak jauh dari Secang, Bandungan, Bawen, Temanggung, Magelang, dan Muntilan. Biaya masuk museum palagan ambarawa hanya Rp 5.000,- per orang.

Monumen Palagan Ambarawa merupakan simbol untuk mengenang pertempuran sengit pada tanggal 12 Desember – 15 Desember 1945 di Ambarawa. Pada masa itu tentara sekutu di boncengi pasukan NICA yang berusaha membebaskan tentara Belanda dan bertujuan untuk di jadikan tawanan perang sehingga peristiwa Palagan Ambarawa semakin meruncing. Kemudian tentara sekutu mempersenjatai kembali tentara Belanda dan terjadilah perlawanan besar antara tentara sekutu dengan tentara Belanda di daerah Muntilan. Selain itu pasukan tentara sekutu juga berusaha melucuti Tentara Keamanan Rakyat (TKR) Indonesia.

Para TKR resimen Magelang yang di pimpin oleh Kolonel Soedirman atau yang biasa kita kenal dengan nama Jenderal Soedirman akhirnya pun menggempur tentara sekutu. Setelah pasukan sekutu sudah terdesak kalah dan lari ke Ambarawa. Pasukan Indonesia kehilangan salah satu perwira pada peperangan sengit tersebut yaitu “Letkol Isdiman” yang pada masa itu merupakan perwira terbaik yang di miliki Kolonel Soedirman.

Gugurnya Letkol Isdiman pada peristiwa Palagan Ambarawa tersebut membuat Kolonel Soedirman murka, kemudian beliau pun turun sendiri ke dalam peperangan demi memimpin pasukan Indonesia untuk melawan dan mengusir sekutu. Peperangan terjadi kembali pada tanggal 12 Desember 1945 Pasukan Indonesia dengan mengerahkan semua pasukannya begitu juga dengan tentara sekutu. Dalam peperangan sengit tersebut TKR Indonesia yang di pimpin oleh Kolonel Soedirman akhirnya berhasil mengalahkan tentara sekutu pada tanggal 15 Desember 1945. Sehingga di saat ini dan setiap tanggal 15 Desember 1945 di peringati sebagai hari “Infanteri”. 

Monumen Palagan Ambarawa ini di dirikan pada tahun 1973 dan telah di resmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 15 Desember 1974. Bangunan tersebut juga terdapat relief relief yang menggambarkan tentang sejarah singkat pertempuran yang terjadi di Ambarawa dan relief tersebut terletak di bagian bawah monumen.

Source Monumen Palagan Ambarawa Semarang portal ambarawa
Comments
Loading...