Benteng VOC Jepara

0 208

Benteng VOC atau bisa disebut Fort Japara XVI atau yang sering disebut oleh masyarakat dengan nama  Lodji Gunung diperkirakan berdiri sejak abad ke 18 M oleh Belanda. Pembangunan benteng ini mengatasnamakan pemerintah Jepara sebagai kepentingan pembangunan. Letak dari benteng ini berada berada di sebuah bukit atau berjarak 0,5 km ke utara dari alun – alun Jepara. Benteng ini berada di ketinggian 85 mdpl. Di benteng tersebut terdapat tulisan “Fort Japara XVI”.

Benteng VOC atau Benteng Kompeni secara administratif terletak di Dusun Ujung Batu, Kelurahan Ujung Batu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Luas bangunan benteng ± 7.230 m². Benteng ini terletak di atas sebuah bukit yang berada di tepi pantai Laut Jawa, sekitar 0,5 km ke arah utara dari pusat kota Jepara. Bukit tersebut bernama Bukit Donoreja (bukit Jepara) yang merupakan bukit yang cukup terjal, kecuali kaki bukit sisi timur merupakan bagian yang cukup landai dan pada sisi selatan bukit mengalir sungai Wisa.

Benteng ini berdenah segitiga dengan tiga bastion di barat daya, timur laut dan tenggara. Benteng ini memiliki pintu masuk di sisi timur. Benteng dibuat dengan bahan batu karang (batugamping terumbu) yang dibentuk menjadi balok-balok persegi panjang berukuran rata-rata 18 x 25 x 30 cm. Balok-balok tersebut disusun dengan perekat campuran pasir laut, kapur dan semen merah serta tidak menggunakan lepa. Pada bagian sisi barat benteng terdapat makam penduduk sekitar.

Di dalam kompleks makam penduduk tersebut terdapat beberapa makam yang menunjukkan ciri-ciri kekunoan, yaitu pada bentuk nisan dan jirat. Pada sisi timur Benteng VOC terdapat makam Cina yang sudah tidak dipakai lagi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya makam yang sudah digali dan kondisinya sudah tidak terawat. Di sebelah timur makam Cina terdapat Taman Makam Pahlawan Giri Dharma.

Pada sisi sebelah selatan Benteng terdapat tiga rumah penduduk dan dua buah makam kuno, yang oleh penduduk setempat lebih dikenal sebagai Makam Encik yaitu makam orang arab. Tahun pendirian benteng tidak diketahui dengan pasti, akan tetapi masa penggunaannya diperkirakan sekitar abad XVII M untuk  mengamankan aset dan kantor dagang VOC di Jepara. Benteng VOC Jepara dan keletakannya menggambarkan strategi pertahanan dalam menghadapi ancaman dari darat dan laut.

Source Benteng VOC Jepara Benteng VOC Jepara
Comments
Loading...