Gereja Gereformeerd, Gereja Peninggalan Belanda di Semarang

0 313

Gereja Gereformeerd adalah bangunan unik yang sampai saat ini masih berdiri kokoh di ujung bukit kecil yang di kelilingi pohon pinus. Gereja ini berdiri di atas tanah yang memiliki luas 5.000 meter persegi. Saat masuk di area ini terlihat kesan tempo jaman dulu yang masih sangat kuat dan melekat di gereja ini. Di ketahui gereja ini dapat menampung sekitar 400 jemaat, tampak pula pada bangunan ini yang cukup menonjol. Komposisinya ternyata satu untuk pastori atau rumah pendeta, kantor Efata dan satunya lagi untuk ruang kebaktian.

Pada ruang kebaktian ini terlihat semua properti menggunakan kayu jati. Sedangkan kursi untuk jemaatnya berbahan rotan dan sandarnya menggunakan kayu jati. Pada dalam ruangan terlihat ada kursi majelis gereja. Letaknya di kanan-kiri altar. Di atas tempat majelis ini terdapat 12 patung tangan dengan posisi menengadah. “Tangan-tangan itu menandakan simbol rasul-rasul Yesus yang jumlahnya ada 12 orang,” ujar pendeta ke tujuh di Gereja Gereformeerd ini.

Gereja Gereformeerd atau Gereja Ngaglik yang pembangunannya diprakarsai Pendeta Smith pada tahun 1928. Pada mulanya bangunan asli hanya gereja itu sendiri dan bangunan rumah pendeta yang ada dibelakangnya. Terkait rekam jejak pembangunan gereja ini, merupakan hasil rancangan Oyen Van J Th pada tahun 1935. Penambahan berupa gedung efata yang digunakan sebagai tempat pertemuan. Awal berdirinya, gereja ini tidak hanya diperuntukkan untuk orang-orang Belandaa. Tetapi juga umat Kristiani dari suku Jawa, Manado, Ambon dan Tionghoa. Maklum, orang-orang pribumi ada yang sudah menjadi pengikut ajaran Kristen karena menjadi pembantu atau karyawan pengusaha Belanda.

Menurut sejarah yang berkembang, gereja yang terletak di Jl. Dr Sutomo No . 24 Semarang Jawa Tengah ini sempat mengalami pasang surut. Meskipun daerah sekitar gereja ini sangat ramai, lalu lalang kendraan seolah tiada henti. Berada di kompleks Gereja Gereformeerd tampak sangat nyaman dan menyenangkan. Di sini, semuanya serba bersih dan terawat. Jadi, tidak rugi mampir sebentar ke gereja ini untuk sekadar berdoa bagi umat Kristiani. Atau, melepas lelah lalu mengambil beberapa gambar.

Source Gereja Gereformeerd, Gereja Peninggalan Belanda di Semarang elsa
Comments
Loading...