Masjid Besar Kauman Semarang

0 260

Dahulu masjid ini bernama Masjid Agung Semarang seperti yang tertulis di gerbang, namun kini lebih sering disebut sebagai Masjid Kauman. Masjid Besar Kauman Semarang ini terletak di Jl alun alun barat no 11 Semarang di satu sisi, sedangkan sisi samping adalah jalan Kauman. Masjid Kauman merupakan rangkaian perkembangan dari sejarah pembangunan masjid di Semarang. Masjid pertama di Semarang dulu terletak di daerah mugas yang didirikan oleh Kyai Ageng Pandan Arang. Ketika beliau hijrah ke kota Semarang bagian bawah dan mendirikan kabupaten bubakan dan mendirikan masjid sebagai tempat ibadah. Pembangunan masjid yang terletak di komplek alun-alun Semarang itu merupakan suatu masjid paling besar di Semarang yang akhirnya mengabadikan nama Kyai Adipati Surohadimenggola II sebagai pendiri pertama Masjid Besar Kauman Semarang.

Pada sejarah pergerakan dan perjuangan bangsa Indonesia, Masjid Agung Semarang menyimpan cerita menarik. Masjid ini menjadi satu-satunya masjid di Indonesia yang mengumumkan kemerdekaan bangsa Indonesia secara terbuka hanya beberapa saaat setelah diproklamirkan. Seperti diketahui peristiwa proklamasi yang dibacakan Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta di Pegangsaaan Timur no 56 Jakarta pada hari Jum’at pukul 10.00 pagi. Lebih kurang satu jam setelah itu yaitu pada saat sebelum sholat Jum’at, Alm. dr. Agus, salah seorang jama’ah aktif di Masjid Agung Semarang melalui mimbar Jum’at dan dihadapan jama’ah mengumumkan terjadinya proklamasi RI.

Dulunya letak Masjid Agung Semarang ini berdiri megah di depan alun – alun kota Semarang. Akan tetapi pada tahun 1938 alun – alun ini beralih fungsi menjadi kawasan komersil yaitu sejak adanya pasar Johar, Pasar Yaik, gedung BPD dan Hotel Mtero yang kemudian menjadi area kawasan Perdagangan Johar. Saat ini masjid Agung Semarang terjepit di antara bangunan – bangunan tinggi yang mengepungnya.

Jika di lihat dari inskripsi berbahasa dan berhuruf jawa yang terpatri di batu marmer tembok bagian dalam gerbang masuk pada masjid Agung Semarang, di jelaskan bahwa pada tahun 1170 Hijriah yang bertepatan pada tahun 1749 Masehi masjid ini di bangun.

Source Masjid Besar Kauman Semarang wikipedia
Comments
Loading...