Museum Kambang Putih

0 153
Museum Kambang Putih merupakan satu-satunya museum yang ada di Kabupaten Tuban. Lokasi Museum berdekatan dengan makam Sunan Bonang, Alun-alun dan juga Pantai Boom Tuban tepatnya di Jalan Kartini No.3 Tuban Jawa Timur. Untuk bisa masuk ke dalam Museum Kambang Putih, pengunjung hanya cukup mengisi buku tamu yang berada di dekat pintu masuk tanpa dikenai biaya.Cukup banyak koleksi benda-benda bersejarah di museum Kambang Putih. Diruang pertama museum ini pengunjung akan mendapati Museum Koes Plus Bersaudara yang merupakan band legendaris Indonesia yang berasal dari Tuban. Di ruangan ini disuguhkan koleksi kaset-kaset dan juga foto-foto Koes Plus.

 

 

 

 

 

 

 

Diruang berikutnya, dipajang uang-uang kuno baik yang berbahan kertas maupun koin dari abad XIX-XX. Dirungan ini juga terdapat peralatan nelayan tradisional seperti dayung, jala atau jaring, tempat menyimpan ikan dan juga sepasang sandal yang terbuat dari kayu. Diruang selanjutnya pengunjung bisa mendapatkan informasi dan juga contoh kain batik tulis Gedog khas Tuban.
Di museum Kambang Putih juga menyimpan barang yang merupakan bagian dari kebudayaan masyarakat Tuban yang sudah langkah ditemui di Tuban, yaitu Ongkek. Ongkek merupakan alat untuk mewadahi Legen yang merupakan minuman tradisional khas Tuban. Sampai sekitar tahun 1970 masih banyak dijumpai di jalan-jalan atau di perkampungan yang berjualan legen dengan menggunakan Ongkek.
Namun seiring berjalannya waktu lambat laun peralatan Ongkek ini sudah tidak pernah dijumpai lagi dan akhirnya menjadi barang langkah. Karena kebanyakan masyarakat sekarang lebih memilih menggunakan botol plastik untuk mewadahi legen. Perlengkapan ongkek terdiri dari Bonjor, Centhak, Bethek, pikulan atau Ongkek, Pisau deres, kolongan atau angkul, Caping, Sabuk otog, Sandal gebang, Kepek dan Kepis dari lontar.
 
Selain Ongkek, terdapat juga benda-benda peninggalan kerajaan seperti Arca Mahakala yang merupakan salah satu perwujudan dewa Siwa sebagai dewa penjaga pintu masuk bangunan suci dalam agama Hindu serta Lingga Yoni dan keris-keris kuno.
Source Museum Kambang Putih tubanleterasi.com
Comments
Loading...