The Bagong Adventure Museum Tubuh Di Malang

0 280

Museum Tubuh, museum ini disebut juga “The Bagong Adventure Museum Tubuh”. Museum Tubuh merupakan museum anatomi tubuh manusia yang pertama dan terbesar di Asia (sampai dengan tahun 2015). Museum ini terletak di Jatim Park 1, tepatnya di Jl. Kartika No. 2 kota wisata Batu Malang Jawa Timur. Museum Tubuh dibuka setiap hari dengan tiket masuk hari Senin-Kamis Rp. 40.000,- dan hari Jumat-Minggu Rp. 60.000,-.

Museum yang satu ini tidak seperti museum pada umumnya yang menyimpan benda purbakala. Koleksi Museum Tubuh ini adalah organ-organ tubuh manusia yang ditampilkan dalam bentuk visual 3 dimensi. Bahkan, sebagian organ berukuran ‘raksasa’ sehingga pengunjung bisa masuk dan berjalan-jalan di dalam ‘organ’ manusia tersebut. Museum Tubuh bisa menjadi tempat belajar yang menarik bagi siswa mulai TK sampai SMA. Tujuan didirikannya Museum Tubuh ini adalah karena selama ini manusia tidak pernah memikirkan bagaimana bentuk dan cara kerja organ tubuh sehingga kita bisa hidup dan melakukan aktivitas. Karena organ tubuh itu ibaratnya melebihi kerja sebuah mesin pabrik. Ia terus bekerja, tak pernah berhenti. Dengan mengetahui masing-masing organ, diharapkan kita bisa menjaganya dengan baik agar tetap sehat.

Bentuk bangunan Museum Tubuh cukup unik yaitu berbentuk manusia berkarakter Bagong, yang merupakan salah satu tokoh wayang. Seperti kita ketahui dalam pewayangan terdapat tokoh empat sekawan yaitu Bagong, Semar, Petruk, dan Gareng. Tokoh Bagong dipilih karena dari empat sekawan dalam pewayangan tersebut, tokoh Bagonglah yang kepintarannya paling menonjol serta cerdik dan lucu. Museum Tubuh selain mengambil filosofi tokoh Bagong juga berperan dalam melestarikan tokoh pewayangan, serta menjaga budaya khususnya adat jawa.

Musem Tubuh memiliki enam lantai yang terdiri dari 13 zone yaitu zone otak, mulut, gigi, telinga, hidung, mata, paru-paru, jantung, hati, usus besar, usus halus, lambung, pembuluh darah, dan tulang. Di Museum Tubuh, pengunjung dapat belajar anatomi tubuh manusia dengan fasilitas multimedia yang modern. Pada setiap zone di museum ini terdapat edukator sendiri-sendiri, sehingga pengunjung bisa mendapatkan informasi yang cukup lengkap. Berada di Museum Tubuh seperti dibawa ke keadaan di dalam tubuh yang sesungguhnya. Misalnya ketika berada di zona telinga, maka pengunjung seperti sudah berada di dalam telinga dengan detil sama seperti nyata.

Memasuki pintu keluar museum Tubuh, pengunjung mendapatkan fasilitas untuk cek kesehatan seperti pemeriksaan mata, pengecekkan golongan darah, dll.

Source The Bagong Adventure Museum Tubuh Di Malang Museum Tubuh Bagong Adventure, Wisata Edukasi di Batu Malang
Comments
Loading...