Situs Budaya Candi Dieng

0 264

Wonosobo, tepatnya di dataran tinggi Dieng ini memiliki candi yaitu Candi Dieng merupakan kompleks percandian yang luas. Daerah dataran dieng ini sebenarnya adalah dataran vulkanik aktif dan bisa dikatakan sebagai gunung berapi raksasa. Banyak yang menyebut dengan Dieng Plateu, atau ada juga yang menyebut Gunung Dieng.

Candi Dieng Wonosobo sendiri merupakan sebuah kompleks percandian. Artinya tidak hanya terdiri dari satu bangunan candi, melainkan terdiri dari banyak gugusan candi yang tersebar di beberapa lokasi yang agak berjauhan. Kompleks Candi Dieng Wonosobo secara keseluruhan menempati areal seluas 1.9 x 0,8 kilometer persegi. Candi Dieng merupakan kumpulan candi yang terletak di kaki pegunungan Dieng, Wonosobo, Jawa tengah. Kawasan Candi Dieng menempati dataran pada ketinggian 2000 m di atas permukaan laut, memanjang arah utara-selatan sekitar 1900 m dengan lebar sepanjang 800 m.

Kompleks candi ini terdiri dari 3 kelompok gugusan candi dan 1 buah candi yang berdiri sendiri. Uniknya semua kelompok candi ini dinamai berdasarkan tokoh-tokoh pewayangan seperti yang dalam kitab Mahabharata yaitu Kompleks Candi Gatotkaca, Kompleks Candi Arjuna, Kompleks Candi Dwarawati, dan satu lagi adalah Candi Bima yang bukan merupakan kelompok candi (berdiri sendiri).

Kompleks Candi Dieng ini merupakan Kompleks Candi Hindu. Awal mula di temukan candi ini sekitar pada tahun 1814. Yaitu di awali saat salah satu tentara inggris yang pada saat itu bermaksut untuk berwisata di kawasan dataran tinggi Dieng. Dan secara tidak sengaja ia melihat beberapa bagian atas candi yang terendam di dalam kubangan air. Dan pada saat itu pula, akhirnya pada tahun 1856 di mulailah upaya pengeringan dan pengerukan area sekitar kompleks candi. Van Kinsbergen orang Belanda yang memimpin upaya ini. Berawal dari situ pula di temukan beberapa bangunan candi yang tersebar di berbagai tempat yang jaraknya tidak jauh. Pada tahun 1864 upaya ini terus berkelanjutan dengan proses pencatatan dan pengambilan gambar.

Sampai saat ini keberadaan Candi Dieng ini belum pasti soal asal usulnya, penyebab dari ini karena tidak di temukan satupun bukti tertulis yng menyebutkan kapan Candi Dieng ini di bangun. Sebuah prasasti saja yang di temukan di area Candi Dieng ini, yang kemungkinan di buat pada tahun 808 Masehi.

Banyak dari beberapa ahli yang menyatakan bahwa Komplek Candi Dieng ini di bangun pada sekitar abad 8-9 Masehi dan berdasarkan perintah dari raja pada masa dinasti Sanjaya. Akan tetapi, menurut penelitian yang sedang di lanjutkan, Candi Dieng di perkirakan dibangun dengan dua tahap pembangunan. Yang pertama di perkirakan pada akhir abad ke 7 dan di akhiri pada awal abad ke 8. Sedangkan pada tahap kedua terjadi pada pertengahan abad ke 8 sampai dengan sekitar tahun 780 Masehi.

Source Situs Budaya Candi Dieng Gagasan Sederhana
Comments
Loading...