Menjelajah Candi Abang Jogjakarta

0 134

Menjelajah Candi Abang Jogjakarta

Candi Abang ini merupakan candi yang ada di Kota Jogjakarta candi ini  memang lebih mirip dengan sebuah bukit biasa daripada sebuah candi. Namun, yang menjadi suatu keunikan dari candi ini bahwa yaitu candi ini terletak di bawah gundukan bukit dan terdapat pula sisa-sisa bangunan candi. Candi tersebut merupakan sebuah candi bercorak Hindu. Tidak menutup kemungkinan bahwa candi ini memiliki pengaruh dari Hindu. Candi ini beralamatkan di Dusun Candiabang, Kelurahan Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman. Untuk masuk ke candi ini tidak dikenakan tarif masuk, hanya cukup membayar parkir sepeda motor sebesar Rp 2000 saja.

Candi ini sudah tidak utuh lagi namun, bukan berarti kecantikan dan keunikan sudah purna. Candi Abang masih kokoh berdiri di puncak bukit dengan bahan bangunan batu bata. Ukuran alas Candi Abang adalah 36 x 34 meter, dan tingginya belum bisa diperkirakan. Candi ini berbentuk seperti piramida, dengan sumur di tengahnya. Di candi ini terdapat tangga masuk yang dibuat dari batu putih alias gamping. Selain itu terdapat sebagian batu-batu andesit yang belum diketahui fungsinya.

Pembangunan candi ini diperkirakan pada sekitar abad ke-9 dan ke-10 pada zaman Kerajaan Mataram Kuno. Meskipun demikian, candi ini diperkirakan mempunyai umur yang lebih muda dari candi-candi Hindu lainnya. Candi yang berbentuk seperti piramid ini dinamakan Candi Abang karena terbuat dari batubata yang berwarna merah (abang dalam bahasa Jawa). Bentuk candi ini juga menyerupai bukit, sekarang banyak ditumbuhi rerumputan sehingga dari jauh nampak mirip seperti gundukan tanah atau bukit kecil.

Pada awal ditemukannya, dalam candi ini terdapat arca dan alas yoni lambang Dewa Siwa berbentuk segidelapan (tidak berbentuk segi empat, seperti biasanya) dengan sisi berukuran 15 cm. Beberapa orang menganggap dan berpendapat.Candi Abang merupakan tempat penyimpanan harta karun pada zaman dahulu kala, oleh karena itu sering dirusak dan digali oleh orang tidak bertanggung jawab.

Selain itu banyak pengunjung yang menikmati suasana sore bersama teman dan biasanya menunggu waktu terbenamnya matahari yang pemandangannya sangat cantik untuk mengabadikan moment yang indah ini. Menjelang sunset dari candi ini terlihat gunung  Merapi, hamparan hijau, rumah warga.

Source Menjelajah Candi Abang Jogjakarta yukpiknik.com
Comments
Loading...