Prasasti Kebun Kopi, Bogor Jawa Barat

0 416

Prasasti Kebun Kopi

Prasasti yang satu ini bernama prasasti Kebon Kopi, prasasti ini memiliki beberapa latar belakang yang di antara nya di namakan dengan Kebon Kopi karena  untuk pembeda yang mana prasasti ini merupakan peninggalan dari kerajaan Tarumanegara. Lokasi dari prasasti ini yaitu berada di  kampung Mujara yang ada di desa Ciaruteun llir yang tepatnya di Bogor. Penemuan Prasasti Kebon Kopi ini di ketahui pada abad ke – 19.

Yang pada waktu itu dilakukan suatu penebangan pohon untuk perkebunan kopi, sehingga prasasti ini di sebut dengan Kebon Kopi. Dahulu hingga sampai sekarang posisi dari prasasti ini masih di tempatnya belum dan belum pernah di pindahkan ke daerah lain. Ada tiga sungai yang di pertemuan di kawasan situs prasasti Kebon Kopi i ini yaitu sungai cisadane di timur, sungai ciaruteun yang ada di selatan dan sungai ciaten yang ada di barat dan ada pula yaitu sungai cisadane dan cianten yang ada di bagian utara. Pada prasasti ini terlihat  dibuat dengan cara di pahat, bahan yang di gunakan untuk membuatnya pun menggunakan batu andesit yang berwarna coklat. Prasasti ini juga memiliki ukuran tinggi 69 cm, dengan ukuran lebar 104 cm dan 164 cm.

Untuk mengunjungi prasasti ini sangatlah mudah, akses jalan yang tersedia sangalah memadai, pengunjung dapat menggunakan berbagai macam kendaraan hanya saja penunjuk atau plang jalan menuju area penemuan prasasti ini sangatlah minim. Lokasi ini berjarak sekitar 19 kilometer ke arah Barat Laut dari pusat kota Bogor menuju ke arah Ciampea. Kondisi jalan menuju lokasi cukup memadai, tetapi dari jalan raya belum dilengkapi dengan penunjuk jalan.

Source Prasasti Kebun Kopi wikipedia
Comments
Loading...