Prasasti Cidanghiyang Tarumanegara

0 1.229

Prasasti Cidanghiyang Tarumanegara

Siapa yang tak kenal dengan kerajaan Tarumanegara? tentunya setiap orang indonesia yang pernah mengenyam pendidikan, hampir bisa dipastikan pernah mendengar nama kerajaan yang satu ini. Kerajaan Hindu yang pernah berjaya sekitar abad ke-4 sampai abad ke-5 Masehi di Barat Pulau Jawa ini konon merupakan salah satu kerajaan tertua di Nusantara yang meninggalkan catatan dan bukti-bukti sejarah yang menegaskan keberadaannya di masa lalu.

Bukti-bukti sejarah tersebut bisa diketahui melalui catatan atau sumber-sumber dan peninggalan-peninggalan yang tersebar di sekitarnya. Salah satu contoh bukti peninggalan sejarah dari Kerajaan Tarumanegara yaitu Prasasti.

Prasasti yang satu ini adalah prasasti yang merupakan peninggalan dari kerajaan Tarumanegara. Prasasti ini sering di kenal dengan sebutan prasasti Cidanghiyang atau Prasasti Lebak, prasasti ini ditemukan di kampung lebak di tepi sungai Cidanghiang, kecamatan Munjul kabupaten Pandeglang Banten, yang merupakan kekayaan dan benda  yang di miliki oleh kerajaan Tarumanegara. Prasasti ini berada di Kecamatan Munjul tepatnya di Desa Lebak yang juga memiliki jarak dengan Jakarta yang tidak begitu jauh.

Prasasti ini baru ditemukan tahun 1947 dan berisi 2 baris kalimat berbentuk puisi dengan huruf Pallawa dan bahasa Sanskerta. Isi prasasti tersebut mengagungkan keberanian raja Purnawarman. Penemu dari prasasti peninggalan kerajaan Tarumanegara ini  yaitu Toebagus Roesjan yang di serahkan kepada Dinas Purbaakala namun pada waktu ini baru di teliti pada sekitar tahun 1954.

Prasasti ini merupakan prasasti yang terbuat dari bahan batu alami dan bentuknya alami, prasasti ini juga memiliki ukuran sekitar 3 x 2 x 2 meter. Prasasti ini terbuat dari batu yang berukuran cukup besar dan memiliki jejak kaki yang tampat terlihat pada batu ini. Prasasti yang satu ini memiliki kesamaan dengan prasasti tugu yang bila di lihat dari goresan-goresannya dan periodenya juga samaPeninggalan Kerajaan Tarumanegara ini yang juga merupakan hal dapat mengingatkan kita pada sejarah kerajaan Tarumanegara itu sendiri. Prasasti Cidanghiyang merupakan 1 dari 7 prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara atau Kerajaan Taruma yang ditemukan di Nusantara.

 

Source Prasasti Cidanghiyang Tarumanegara wikipedia
Comments
Loading...