Prasasti Bribik dan Prasasti Klagen Serut

0 150

Prasasti Bribik dan Prasasti Klagen Serut

Prasasti Bribik yaitu prasasti yang terletak di Dusun Sampung, tepatnya di desa Bribik, Kecamatan Jiwan, lokasinya berada di halaman rumah salah satuwarga yaitu rumh dari Ibu Uswatun. Prasasti Bribik ini memiliki bentuk seperti stella yaitu dengan puncaknya kurawal, kondisi dari prasasti bribik ini sudah tidak ada tulisan lagi dan telah aus, bahkan sudah tidak ada sama sekali. Prasasti ini memiliki ukuran tinggi 110 cm dengan ukuran lebar bawahnya 60 cm dan lebar tengah 79 cm serta dengan ukuran tebal bawah 24 cm serta ukuran tebal atas 16 cm.

Tak jauh dari lokasi prasasti Bribik ini juga di temukan pula prassti yang berada di sebuah pemakaman umum dusun Ngreco, tepatnya di Desa lagen Kecamatan Jiwan. Prasasti ini memiliki nama Prasasti Klagen Serut. Kondisi dari prasasti ini bisa di katakan bahwa sama dengan kondisi prasasti Bribik, yaitu berada di tempat terbuka dan di tumbuhi oleh lychen. Walaupun huruf jawa kunonya sudah banyak yang aus namun masih adapat di jumapi meski hanya pada satu sisi saja. Prasasti Klagen serut ini memiliki bentuk kurawal di buat dengan batu andesit, pada prasasti ini juga memiliki ukuran 119 cm dengan lebar 78 cm serta tebalnya 16 cm. Berdasarkan SNI kemungkinan prassti ini berasal dari jaman Djamawangsa Teguh atau Dharmawangsa Airlangga.

Pada desa ini juga sempat di temukan sebuah arca yang bernama Jaladwara Dewi Sri. Arca Jaladwara Dewi Sri  saat ini berada di halaman Bali Desa Klagen Serut. Menurut warga sekitar, arca ini di temukan di sebuah mata air atau sendangyang masih satu desa dan berjarak sekitar1,5 km ke barat dari Makam Ngeco tempat prasasti. Akan tetapi Sendang tersebut kini sudah menyusut.

Source Prasasti Bribik dan Prasasti Klagen Serut Prasasti Bribik dan Prasasti Klagen Serut
Comments
Loading...