Museum Mpu Tantular Sidoarjo

0 1.251

Museum Mpu Tantular

Museum Mpu Tantular ini merupakan museum yang ada di Kota Sidoarjo, tepat di Jl Raya Buduran Kec Buduran Sidoarjo . Tempat ini menyimpan berbagai sumber sejarah. Luas dari museum ini sekitar 3 hektar. Salah satu sumber sejarah yang di simpan di dalam museum ini seperti lukisan serta emas yang di buat sejak berabad-abad yang lalu. Koleksi lain yang disimpan di museum ini adalah numismatik, etnografi, geologi dan biologi. Banyak para pengunjung yang membawa anak mereka agar mengenal peninggalan sejarah melalui museum ini, sehingga wawasan para pengunjung akan semakin bertambah.

Di dalam museum ini terdapat sebuah aula, aula ini bisa disewa oleh masyarakat umum. Banyak para pengunjung yang datang ke Museum ini,hanya cukup membayar tiket sebesar Rp 4000 untuk dewasa dan untuk anak-anak hanya sekitar Rp 3000. Jam dibukanya pun berbeda yaitu setiap hari Selasa hingga Kamis buka dari pukul 08.00 wib sampai pukul 15.00 WIB. Sedangkan hari Jum’at, Sabtu dan Minggu buka ditutup lebih cepat sekitar pukul 13.30 wib. Di dalam museum Mpu Tantular terdapat kendaraan kuno.

Dulu Musaeum ini beralamatkan di Jl Taman Mayangkara No. 6, namun pada tanggal 14 Mei 2004 Museum ini berpindah tempat. Alamat Museum Mpu Tantular ini berada di Jl. Buduran Sidoarjo yaitu sebelah barat Jembatan Layang Buduran, museum ini sangat mudah di tempuh baik dengan motor pribadi maupun dengan kendaraan umum. Di museum ini juga menyediakan tempat untuk pameran, sehingga semua yang ada di museum ini bisa di lihat juga di pameran. Biasanya pameran yang di adakan berisikan sejarah yang ada pada zaman prasejarah yaitu pada zaman Kerajaan Majapahit, seperti uang kuno, fosil hingga sejarah mengenai Kerajaan Majapahit.

Ada pula galeri Von Faber, yang  pertama lembaga kebudayaan Stedelijk Historisch Museum yang merupakan cikal bakal dari Museum Mpu Tantular, seorang pria warga Surabaya yang berkebangsaan Jerman, Godfried Hariowald von Faber, hal ini merupakan cikal bakal ataupun latar belakang nama dari Galeri tersebut.

Di galeri ini berisikan anatara lain seperti,aneka ragam busana pengantin tradisional dari berbagai wilayah di Jawa Timur. Ada pula busana pengantin tradisional Surabaya Pegon, Sumenep, Banyuwangi,  Ponorogo dan lain-lain. Pada bagian lainnya dipajang apik koleksi batik tulis, topeng, aneka alat rumah tangga dari keramik, juga alat-alat pertukangan dan pertanian tempo dulu.

Tak ketinggalan ranjang-ranjang kayu antik dengan ukiran yang sangat menawan. Menambah keindahan dan kekomplitan dari museum ini. Selain tempat istirahat yang disediakan berupa kursi di dalam museum, pengunjung juga bisa melepas lelah di beberapa gazebo yang tersebar di berbagai sudut. Dan untuk anak-anak bisa bermain dengan permainan yang sudah di sediakan yaitu berada di belakang loket, sehingga anak bila berkunjung ke tempat ini tidak akan bosan dengan pengetahuan sejarawan saja.

Source Museum Mpu Tantular Sukoharjo Museum Mpu Tantular Sukoharjo
Comments
Loading...