Museum Kretek Kudus

0 124

Museum Kretek Kudus

Kabupaten Kudus terdapat museum yang diberi nama Museum Kretek berlokasi di jalan Getas Pejaten nomor 155. Museum Kretek merupakan satu – satunya museum rokok yang ada di Indonesia. Di museum ini terdapat beberapa barang bukti perjuangan warga kudus pada zaman dahulu dalam mengolah produk kretek baik itu rokok maupun paper.

Berdirinya Museum Kretek ini atas dasar pemikiran Soepardjo Rustam yang melihat kontribusi bisnis rokok yang mempunyai potensi besar dalam menggerakkan daerah sekaligus nasional. Hal ini karena potensi kekayaan sumber daya alam (SDA) di kudus yang luar biasa membuat soepardjo rustam yang pada saat itu menjabat sebagai menteri dalam negeri pada zaman presiden soeharto dan juga menjabat sebagai gubernur jawa tengah menggagas museum. Museum Kretek menjadi simbol kebudayaan masyarakat Kudus, sekaligus menyuguhkan jejak kekayaan Nusantara berupa produk rokok yang menjadi komoditas menjanjikan di Indonesia, bahkan dunia. Maka tidak heran bila pemilik Djarum dinobatkan sebagi orang terkaya nomor satu di Indonesia.

Museum Kretek memiliki beberapa koleksi diantaranya adalah alat – alat tradisional dan bahan rokok kretek, kiprah Nitisemito sebagai pendiri pabrik rokok Bal Tiga, benda promosi kretek pada zaman dulu sampai sekarang, foto-foto para pendiri pabrik rokok, serta hasil yang diproduksinya, hingga aroma-aroma cantik yang merupakan ciri khas dari proses  pembuatan rokok kretek. Produk kretek asal Kudus tidak hanya dikonsumsi warga Indonesia, tetapi juga masyarakat dunia, dari Asia, Amerika, Australia, Eropa, hingga Afrika. “Museum ini dibuat, didirikan bertujuan untuk menunjukkan kretek berkembang pesat di Tanah Jawa, khususnya Kabupaten Kudus.

Source Museum Kretek Kudus Museum Kretek Kudus
Comments
Loading...