Masjid Indrapurwa Kecamatan Peukan Bada

0 144

Masjid Indrapurwa

Masjid Indrapurwa terletak di dusun Gampong Lambadeuk, Kemukiman Lampague, Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar, menyimpan sejarah panjang. Masjid terletak di kaki bukit Lampageu itu dibangun di atas reruntuhan Pura dan pernah lenyap disapu tsunami. Menurut keterangan dari imam masjid, masjid ini dulu dibangun di Desa Pante Ara. Akibat abrasi, lokasi itu telah menjadi laut, pondasi mesjid itu masih terlihat saat air surut, kira-kira berjarak sejauh 2 kilometer dari bibir pantai.

Kemudian masjid ini dipindahkan ke Desa Lam Badeuk Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar. Masjid Indra Purwa adalah salah satu dari tiga masjid yang oleh Snouck Hurgronje dinyatakan dibangun di atas bekas reruntuhan candi. Masjid lainnya ialah Masjid Indrapuri yang sekarang ini masih mungkin untuk diteliti. Sementara Indrapatra tidak terbukti dibangun sebagai candi, dan tidak berbukti pernah dibangun masjid di atasnya.

Keberadaan Masjid Indrapurwa sebagai situs sejarah tidak bisa lagi dilacak karena telah hancur dalam musibah tsunami. Sebelum dihantam tsunami, masjid ini pun sudah tidak pada lokasi aslinya yang dikatakan berada di atas candi. Menurut keterangan dari Imam Masjid, masjid itu dulu berada di Gampong Pante Ara, namun karena dikikis abrasi, lalu dipindahkan ke lokasi baru di Gampong Lam Badeuk Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar.

Pada mimbar yang terdapat di Masjid Indrapurwa terdapat ukiran yang bertuliskan tahun 1276 Hijriyyah. Kalau dikonversi ke tahun miladiyyah, angka ini menunjuk tahun 1859 M, tentunya ini harus diasumsikan sebagai tahun pembuatan mimbarnya. Adapun tentang tahun pendirian masjid, tidak diperoleh keterangan.

Source Masjid Indrapurwa Masjid Indrapurwa
Comments
Loading...