Makam Tgk DiLapan di Aceh

0 363

Lokasi Makam Tgk DiLapan di Aceh

Terletak di tepi jalan raya Medan-Banda Aceh, tepatnya di desa Tambue kecamatan Simpang Mamplam, ujung timur kabupaten Bireun. Provinsi Aceh.

Sejarah Makam Tgk DiLapan di Aceh

Ribuan Syuhada lahir saat Perang Aceh melawan Belanda yang masih berkecamuk dengan hebat hingga 1926. Pada Masa itu, perang tak lagi dipimpin Sultan Muhammad Dawood Syah tapi dipimpin oleh Ulama, Saat itu Terjadi berbagai penyergapan terhadap patroli maupun tangsi Militer Belanda.

Salah satunya yang tercatat pada awal tahun 1902, di wilayah Tambue, kecamatan Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen sekarang.

Masa itu para Syuhada Lapan yang bersenjata “peudeueng raya” (Kelewang) menghadang sebuah patroli Pasukan Marsose yang berjumlah 24 orang yang lengkap dgn senjata api. Marsose adalah pasukan anti gerilya yang berasal dari pemuda pribumi daerah taklukan yg dibentuk pada tanggal 20 April 1890 untuk mematah kan gerak maju gerilya, mereka semuanya bersenjata api, sedangkan pasukan delapan pejuang Aceh tersebut hanya bersenjatakan pedang. Tapi berkat semangat juang yang tinggi, mereka berhasil menewaskan semua marsose tersebut.

Setelah pasukan Lapan berhasil melumpuhkan semua serdadu marsose yang dijuluki orang Aceh sebagai “Belanda Itam”, lalu mereka mengumpul kan senjata milik marsose tersebut. Mereka larut dalam euphoria kemenangan. Tanpa mereka sadari tiba-tiba sejumlah serdadu marsose lain datang dari arah Jeunieb memberi bantuan. Kedelapan pejuang itu diserang secara membabi buta dan gugur bersimbah darah.

Jasad para syuhada tersebut kemudian dikebumikan dalam satu liang, sebab serdadu marsose mencincang-cincang bagian tubuh para pejuang tersebut dengan pedang milik mereka sendiri.

Berikut ini nama-nama Teungku Syahid Di Lapan :

– 1. Tgk. Pahlawan Prang Rayeuk Djurong Binjei.
– 2. Tgk. Muda Lem Mamplam.
– 3. Tgk. Nyak Bale Ishak Blang Mane.
– 4. Tgk. Meureudue Tambeu.
– 5. Tgk. Bale Tambeu.
– 6. Tgk Apa Sjech Laot Jok Mamplam.
– 7. Tgk Muhammad Sabi Blang Mane.
– 8. Tgk Nyak Ben Matang Salem Blang Teumuleh.

Sekarang, sudah 109 tahun kejadian heroik tersebut terjadi, makam para Teungku Delapan atau yang lebih di kenal di aceh dengan “Kubu Teungku Di Lapan/ Kubu Syahid Lapan”

Makam ini menjadi bukti atas patriotisme Delapan orang Teungku yang gagah berani dalam mempertahankan tanah air dan bersemboyan “udep sare mate syahid, sikrek gaphan saboh keureunda” (hidup damai atau mati syahid, secarik kain kafan satu keranda).

Source Makam Tgk DiLapan di Aceh Aceh
Comments
Loading...