Masjid Asal Penampaan Kabupaten Gayo Lues

0 168

Masjid Asal Penampaan

Sumber mengatakan bahwa masjid Asal – Penampaan didirikan pada tahun 815 H atau 1412 M. Jika informasi ini akurat, bisa di artikan bahwa masjid Asal didirikan pada saat masa Kerajaan Pasai. Sebab, Kerajaan Pasai telah berdiri dari tahun 1282 M. Dan jatuh dalam kekuasaan Kerajaan Aceh Darussalam di tahun 1524 M. Masjid Asal Penampaan berada tak kurang 2 Km dari Pusat kota Blangkejeren. Dapat di ketahui juga Masjid Asal Penampaan terletak di Desa Penampaan, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Nangro Aceh Darussalam.

Bangunan Masjid Asal itu sudah 800 tahunan hingga kini masih utuh. Masjid Asal tersebut aslinya berukuran 20 X 20 meter berlantai tanah. Namun, kini masjid tersebut telah diperluas dengan bantuan dari para donator. Tapi, bentuk asli peninggalan sejarah itu hingga kini tidak dirombak, kecuali lantai tanah kini menjadi lantai semen. Sejak pendiriannya sampai saat ini masjid Asal-Penampaan tidak pernah dirombak dan tetap difungsikan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat ibadah.

Masjid ini dipandang keramat oleh masyarakat sekitar, sebab secara logika bangunan berkonstruksi kayu seperti masjid ini tidak mungkin dapat bertahan sampai 500 tahun lamanya. Namun kenyataannya, masjid Asal-Penampaan masih tetap berdiri kokoh sampai sekarang, dan diperkirakan Masjid Asal ini sudah berumur kurang lebih 800 tahun. Masjid Asal juga menjadi dasar pemberian nama kampung dimana masjid itu berada.

Nama Desa Penampaan berasal dari kata “penampaan” yang artinya “penampakan / tampak atau terlihat”. Konon menurut riwayat, di masa lalu masjid ini bisa dilihat dari berbagai wilayah di Gayo Lues. Mungkin hal ini disebabkan oleh kondisi wilayah sekitar masjid Asal yang merupakan daerah datar dan masih minim dihuni penduduk. Dengan demikian ia bisa dilihat dari berbagai arah. Namun sekarang sudah tak terlihat lagi karena penduduk yang semakin meningkat di wilayah ini.

Masjid ini dinamakan masjid Asal karena merupakan masjid yang pertama sekali dibangun di wilayah sekitar Gayo Lues dan Aceh Tenggara. Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai “Masjid Asal” yang konotasinya adalah asal-muasal pendirian masjid di seluruh Gayo Lues dan sekitarnya.

Bangunan fisik masjid Asal dibina dengan kostruksi yang bahan utamanya adalah kayu. Bahan-bahan bangunan masjid ini diperoleh dari pepohonan yang banyak tumbuh di sekitar desa, bebatuan sungai serta tanah kuning yang ada di sekitar masjid itu sendiri. Bahan-bahan dasar yang digunakan pada saat pembangunan masjid ini masih utuh bertahan sampai sekarang, termasuk dinding dari tanah kuning.

Source Masjid Asal Penampaan Masjid Asal Penampaan
Comments
Loading...