Benteng Anoi Itam Aceh

0 385

Lokasi Benteng Anoi Itam Aceh

Benteng ini terletak dibagian timur Sabang, berdampingan dengan Pantai Anoi Itam, tepatnya di Jalan Ujung Kareung, Aceh.

Benteng Anoi Itam

Benteng Anoi Itam atau Benteng Jepang ini menjadi salah satu destinasi wisata yang sarat akan sejarah. Benteng-benteng peninggalan Jepang ini dibangun antara tahun 1942-1945. Dimana benteng ini dulunya digunakan sebagi tempat penyimpanan untuk berbagai jenis senjata bagi para armada Jepang. Jika dilihat, benteng ini beranda di dalam tanah atau tertimbun di tanah dan pada bagian atas berbentuk seperti tapal kuda. Dari posisi tersebut bangunan ini difungsikan sebagai benteng pertahanan untuk memantau musuh saat terjadi Perang Dunia II.

Di kawasan ini cukup banyak benteng-benteng dan akan terhubung satu sama lain melalui sebuah terowongan. Namun saat ini terowongan-terowongan tersebut telah ditutup oleh pemerintah kota dengan alasan untuk keamanan warga sekitar. Jadi jika anda mendatangi lokasi ini akan terlihat mulut terowongan tersebut yang telah ditutup dengan kayu. Benteng-benteng inipun hampir mengelilingi bibir pantai Sabang. Karena inilah pulau Sabang dijuluki dengan Kota Seribu Benteng.

Benteng ini terletak berdampingan dengan Pantai Anoi Itam, karena itulah benteng ini diberi nama dengan Benteng Anoi Itam. Sebuah benteng kecil yang terletak di kaki bukit dan dikelilingi dengan anak tangga membuat pengunjung ingin segera melangkahkan kaki mendaki anak tangga tersebut.

Panorama Keindahan Benteng Anoi Itam

Menyusuri lorong-lorong yang berada di dekat bukit, maka akan ditemukan benteng-benteng kecil yang memiliki ukuran sekitar 1,5 x 1,5 meter yang tertanam di dalam tanah. Kemudian jika melanjutkan perjalanan akan menemui pula di penghujung lorong dan bertepatan di atas bukit, terdapat sebuah benteng dengan latar belakang yang menghadap ke arah laut Selat Malaka yang terbentang luas. Terdapat juga beberapa titik peninggalan bekas benteng yang menjalar di sepanjang laut dan hampir sekitar 100 meter dan dihubungkan dengan jalan yang hampir mirip dengan jalan setapak dan memiliki lebar sekitar satu meter. Jalan ini pula tetap terlihat kokoh padahal usia jalan ini hampir setengah abad lebih.

 

Source Benteng Anoi Itam Aceh Aceh
Comments
Loading...