Makam Sultanah Nahrasyiyah di Aceh Utara

0 256

Lokasi Makam Sultanah Nahrasyiyah

Kompleks makam Sultanah Nahrasyiyah terletak di Gampong Kuta Krueng, Kecamatan Samudra, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.

Makam Sultanah Nahrasyiyah

Makam ini terbuat dari marmer untuk mengenang Al-Malikah Al-Mu’azhzhamah (Ratu yang Dipertuan Agung) Nahrasyiyah bini Sultan Zainal Abidin. Makam ini bisa diidentifikasi oleh para arkeolog karena adanya inskripsi yang terpahatkan di marmer berwarna putih tersebut. Inskripsi yang menggunakan aksara dan bahasa Arab, berisi (dalam terjemahannya): “Inilah pembaringan yang bercahaya lagi bersih bagi ratu yang dipertuan agung, yang dirahmati lagi diampuni Nahrasyiyah yang digelar dengan Ra-Bakhsya Khadiyu (penguasa yang pemurah) binti Sultan yang berbahagia lagi syahid Zainal Abidin bin Sultan Ahmad bin Sultan Muhammad bin Al-Malik Ash-Shalih, semoga ke atasnya dan ke atas mereka semua dilimpahkan rahmat dan keampunan. Ia meninggalkan negeri yang fana menuju sisi rahmat Allah pada tanggal hari Senin 17 bulan Zulhijjah 831 dari hijrah [Nabi SAW].”

Selain inskripsi di atas yang kaligrafis, di makam tersebut juga terdapat ayat-ayat Al-Qur’an, yaitu Surat Yasin. Terpahatnya Surat Yasin pada makam Sultanah Nahrasyiyah barangkali memililki suatu makna, seniman seolah hendak menyampaikan bahwa kebaikan Sultanah Nahrasyiyah dan Samudra Pasai pada waktu itu meliputi sisi duniawi dan ukhrawinya (al-mu’immah), jauh dari marabahaya dan mampu mempertahankan dirinya (al-dafi’ah), serta dapat memberikan kemakmuran dan kesejahteraan bagi rakyatnya (al-qadhiyah). Selain itu, Surat Yasin adalah juga jantung Al-Qur’an. Mungkin, seniman yang memahat Surat Yasin pada makam Malikah Nahrasyiyah juga ingin mengatakan bahwa Nahrasyiyah adalah jantung Samudera Pasai, dan Samudera Pasai adalah jantung bagi negeri-negeri Islam di Asia Tenggara.

Sejauh penelitian yang dilakukan, pahatan Surat Yasin pada makam bersejarah di Aceh hanya terdapat pada dua makam. Yang pertama, makam Sultanah Nahrasyiyah, dan yang kedua adalah makam Sultan Alauddin Inayat Syah (seorang sultan dari Kerajaan Aceh Darussalam).

Source Makam Sultanah Nahrasyiyah aceh
Comments
Loading...